Kamis 02 Jul 2020 15:24 WIB

WHO: 141 Vaksin Covid-19 Sedang Dikembangkan

Berbagai negara dan perusahaan beradu cepat dengan waktu menuntaskan vaksin Covid-19.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah
Peneliti tengah mengembangkan vaksin Covid-19 di Center for Pharmaceutical Research di Kansas, Amerika Serikat.
Foto: Center for Pharmaceutical Research via AP
Peneliti tengah mengembangkan vaksin Covid-19 di Center for Pharmaceutical Research di Kansas, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW -- Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengungkap ada 141 vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan di seluruh dunia. Berbagai negara dan perusahaan beradu cepat dengan waktu menuntaskan vaksin Covid-19.

"Kami menimbang peran vital perusahaan internasional dalam mengembangkan vaksin Covid-19. Langkah pembuatan vaksin dimulai setelah sekuen virus corona disebar. Dan kini ada 141 vaksin yang dikembangkan," kata Ghebreyesus dalam tulisan di The Washington Post yang dilansir dari Sputnik news agency Kamis (2/7).

Baca Juga

Ghebreyesus memperkirakan dalam beberapa bulan ke depan, sebagian vaksin yang dikembangkan akan mencapai tahap final. Tapi Ghebreyesus belum mau berharap terlalu banyak. "Tapi tentu saja tak ada jaminan perlindungan penuh, kami hanya bisa berharap," ujar Ghebreyesus.

Sebelumnya, WHO menetapkan status pandemi global Covid-19 pada 11 Maret. Hingga saat ini, universitas Johns Hopkins mendata 10,6 juta orang menjadi penderita Covid-19. Dari jumlah itu, 515 ribu orang meninggal dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement