Kamis 02 Jul 2020 13:20 WIB

Mo Salah Sumbang Ambulans untuk Kampung Halaman

Ambulans disumbangkan ke kampung halaman Mo Salah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Mo Salah Sumbang Pusat Ambulans untuk Kampung Halaman. Foto: Penyerang Liverpool, Mohamed Salah menyumbang satu gol saat Liverpool melumat Crsytal Palace 4-0 di Stadion Anfield, Kamis dini hari WIB.
Foto: PA-EFE/Paul Ellis
Mo Salah Sumbang Pusat Ambulans untuk Kampung Halaman. Foto: Penyerang Liverpool, Mohamed Salah menyumbang satu gol saat Liverpool melumat Crsytal Palace 4-0 di Stadion Anfield, Kamis dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Pemain Liverpool asal Mesir Mohamed Salah menyumbang pusat ambulans baru untuk kampung halamannya di Nagrig, Kota Gharbia, Mesir. Pembukaan pusat ambulans tersebut dilakukan pekan ini langsung oleh Wali Kota Gharbia, Tarek Rahmy.

Dilansir dari Arab News, Kamis (2/7), ayah Salah, Haj Salah Ghaly, hadir pada pengumuman tersebut, bersama Kepala Lembaga Ambulans Gharbia Dr. Magdy Awad dan perwakilan kementerian kesehatan Gharbia, Dr. Abdel Naser Hemeida.

Baca Juga

Pusat ambulans itu dilaporkan menelan biaya sekitar 600 ribu pound Mesir atau 37.200 dolar AS dan akan melayani 30 ribu orang di desa. Pusat ambulans ini merupakan donasi terbaru yang diberikan Salah. Sebelumnya dia telah berkali-kali menyalurkan donasi ke kampung halamannya.

Pada 2018 lalu, Salah juga mendanai pembangunan sekolah khusus anak perempuan di Desa Nagrig. Sebab di sana anak perempuan harus melakukan perjalanan jauh untuk mendapatkan pendidikan.

Salah juga diketahui membeli tanah untuk disumbangkan ke Gharbia, yang akan digunakan untuk membangun pabrik pengolahan limbah dan menjamin air bersih di wilayah tersebut. Pemain sayap Liverpool itu juga membeli peralatan medis untuk desanya dan mendirikan yayasan amal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setiap bulannya.

Tak hanya itu, Salah juga membantu sekolah lamanya membangun lapangan sepak bola dan area gym sehingga siswa dapat menikmati fasilitas yang layak untuk berlatih, berolahraga, dan menjalani gaya hidup sehat.

Baru-baru ini, Salah menyumbangkan makanan ke kota Basyoun selama pandemi Covid-19. Perbuatan amalnya juga meliputi daerah di luar kota asalnya. Dia membantu Mesir dengan memberikan donasi 5 juta pound Mesir ke "Tahya Masr Fund" pada 2016. Salah juga menyumbang lebih dari 50 juta pound Mesir ke National Cancer Institute.

Salah dikenal dengan sebutan pencipta kebahagiaan karena suatu alasan. Selain permainannya di rumput hijau menginspirasi banyak orang, dia juga mementingkan orang-orang yang berada di luar lapangan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement