Kamis 02 Jul 2020 11:14 WIB

Tuai Kritik, Trump Sebut akan Kenakan Masker

Trump banyak dikritik karena tidak pernah terlihat mengenakan masker

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Trump banyak dikritik karena tidak pernah terlihat mengenakan masker. Ilustrasi.
Foto: Doug Mills/Pool/EPA
Trump banyak dikritik karena tidak pernah terlihat mengenakan masker. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan mempertimbangkan mengenakan masker jika berada dalam situasi kerumunan orang yang padat. Dia pun mengklaim pernah menggunakan masker sebelumnya.

“Saya akan (mengenakan masker). Saya pernah, maksud saya, orang-orang melihat saya mengenakannya,” kata Trump saat ditanya apakah dia akan mengenakan masker oleh pembawa acara Fox Business, Blake Burman, pada Rabu (1/7).

Baca Juga

Trump kemudian mengatakan jika dirinya berada dalam situasi di mana jarak antara satu orang dengan lainnya dan tidak mencapai tiga meter, dia akan mengenakan masker. “Jika saya berada dalam situasi yang padat dengan orang-orang, saya tentu akan (mengenakan masker),” ujarnya.

Namun Trump mengakui dirinya jarang ada dalam situasi demikian. Di sisi lain, semua orang yang hendak bertemu dengannya selalu diuji Covid-19 terlebih dulu.

Trump pun mengungkapkan pengalamannya mengenakan masker berwarna hitam. Menurutnya, saat menggunakan masker tersebut dirinya tampak seperti Lone Ranger.

“Saya mengenakan masker. Saya agak menyukai penampilan saya. Saya pikir itu baik-baik saja. Itu adalah masker hitam gelap, itu tampak seperti Lone Ranger,” ujar Trump.

Namun Trump mengatakan dia belum memikirkan tentang penerapan kebijakan wajib masker secara nasional. Sebab ia menilai banyak tempat di AS di mana warga tinggal dengan jarak cukup berjauhan.

Trump telah menuai kritik dari kalangan politisi AS karena enggan mengenakan masker saat berada di ruang publik. Dia dianggap tak memberikan contoh yang baik kepada warganya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement