Kamis 02 Jul 2020 11:31 WIB

Kia Optima Ganti Nama

Nama Optima dihapus dari pasar Amerika dan diganti dengan Kia K5.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
All New Optima, KIA
Foto: ROL/FIan Firatmaja
All New Optima, KIA

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kia Optima adalah mid size sedan dari Kia yang dihadirkan dalam sejumlah nama lain yakni Magnetiz, K5 dan Lotze. Kini, pabrikan Korea itu resmi menghapus nama Optima untuk pasar Amerika dan memutuskan untuk menggantinya dengan nama Kia K5.

Dilansir dari Car and Driver pada Kamis (2/7), penggantian nama ini sekaligus dilakukan dalam kehadiran generasi baru lewat Kia K5 2021. Lewat generasi kelima ini, Kia K5 akan hadir dengan desain baru dalam dimensi yang lebih lebar, lebih rendah dan lebih panjang.

Baca Juga

Secara desain, tampilan eksterior K5 memang terlihat cukup menarik. Kia menerpakan desaian headlight yang unik serta menyisipkan ornamen berupa garis khas pada bagian roofline.

Di dalam kabin, sedan ini kini dilengkapi dengan layar sentuh 8 inch dan 12 speaeker Bose. Tak hanya itu, K5 pun telah dibekali dengan enhanced voice-recognition software serta improved wireless charging.

Soal fitur keselamatan, Kia juga telah menanamkan driver-assist technology seperti blind spot monitoring dan automated emergency braking serta lane-keeping assist. Bahkan, K5 juga dibekali dengan fitur Safe Exit Assist yang akan memperingatkan pengendara saat akan membuka pintu dan ada kendaraan yang tengah melintas.

Soal performa, K5 akan dibekali dengan mesin turbo 1,6 liter 180 daya kuda. Pasar Amerika juga mendapat opsi sistem penggerak roda depan dan all wheel drive.

Kini, K5 pun akan dilengkapi dengan varian high performance bernama K5 GT. Varian ini akan mengenakan mesin turbo 2,5 liter 290 daya kuda. Sistem kopling dual clutch pada varian ini menjanjikan akselerasi 0 hingga 100 kilometer/jam dalam 5,8 detik.

Rencananya, K5 akan hadir dalam lima trim yakni LX, LXS, GT-Line, EX dan GT. Mobil yang mulai dipasarkan pada musim panas ini diperkirakan akan dibanderol dengan harga sekitar 25 ribu dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement