Kamis 02 Jul 2020 04:10 WIB

Alzheimer Aktris Alice In Wonderland Memburuk Saat Lockdown

Aktris Alice In Wonderland, Dame Barbara, mengidap alzheimer.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Alice In Wonderland, Dame Barbara Windsor, mengidap alzheimer.
Foto: EPA
Aktris Alice In Wonderland, Dame Barbara Windsor, mengidap alzheimer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi Alzheimer yang diidap aktris Dame Barbara Windsor semakin memburuk selama lockdown. Kabar ini diungkapkan oleh teman dekat Barbara, Ross Kemp.

"Selama lockdown dia menjadi semakin memburuk," ungkap Ross dalam siaran The One Show, seperti dilansir laman Independent.

Baca Juga

Ross mengatakan, kondisi ini mendorong suami Barbara, Scott Mitchell, untuk mencari alternatif perawatan selama lockdown. Seperti diketahui, hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan Alzheimer.

"Penyakit ini merupakan pembunuh terbesar di Inggris dan amat disayangkan tidak ada obatnya," tambah Ross.

Ross mengatakan, sejak Barbara terdiagnosis alzheimer, Barbara dan suami tak ada niatan untuk menyembunyikan kondisi tersebut dari publik. Sebaliknya, mereka secara aktif melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Alzheimer. Ross pun ikut membantu kampanye ini.

"Mereka membuatnya sepublik mungkin, mendorong kesadaran sebanyak mungkin," jelas Ross.

Ross mengatakan, selama ini ada banyak orang yang tidak tahu harus melakukan apa setelah terdiagnosis Alzheimer. Akan tetapi, keberanian Barbara untuk bersikap vokal terhadap penyakit yang diidapnya membawa perubahan berarti.

"Saya pikir seseorang seperti Dame Barbara berbicara mengenai hal ini mengangkat sebagian dari stigma itu," kata Ross.

Tahun lalu, Barbara bahkan sempat mengirim sebuah surat untuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Dalam surat tersebut, Barbara meminta ketersediaan layanan yang lebih baik untuk pasien-pasien Alzheimer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement