Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Awkwafina Masuk dalam Daftar Tamu yang Diundang Oscar

Rabu 01 Jul 2020 13:47 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Awkwafina hanya satu dari sederet tamu lain yang diundang Oscar mewakili 68 negara (Foto: Awkwafina)

Awkwafina hanya satu dari sederet tamu lain yang diundang Oscar mewakili 68 negara (Foto: Awkwafina)

Foto: AP
Awkwafina hanya satu dari sederet tamu lain yang diundang Oscar mewakili 68 negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cynthia Erivo, John David Washington, Eva Longoria, Zendaya dan Awkwafina menjadi deretan selebriti yang diundang menjadi anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Seperti diketahui, AMPAS merupakan organisasi yang dikenal sebagai penyelenggara Oscar.

Melalui situs resminya, akademi mengumumkan 819 orang yang diajak bergabung karena kontribusi mereka dalam industri perfilman. Orang yang diajak bergabung mencakup beragam profesi dari semua sektor industri hiburan, mulai dari aktor hingga publisitas dan desain kostum.

Baca Juga

Aktor yang diundang menjadi anggota termasuk Ana De Armas (Knives Out), Brian Tyree Henry (If Beale Street Can Talk), Florence Pugh (Little Women), Lakeith Stanfield (Sorry to Bother You), Beanie Feldstein (Booksmart) dan Constance Wu (Crazy Rich Asians). Sutradara seperti Lulu Wang (The Farewell), Ari Aster (Midsommar), Terence Davies (The House of Mirth) dan Matthew Vaughn (Layer Cake) juga ada dalam daftar undangan.

Sejumlah aktor dari film "Parasite", film terbaik Oscar 2020, seperti Jang Hye-Jin, Jo Yeo-Jeong, Park So-Dam dan Lee Jung-Eun juga diajak bergabung. Akademi mengatakan bahwa 49 persen orang yang diajak bergabung datang dari mancanegara dan mewakili sekitar 68 negara.

Para undangan penting lainnya termasuk maestro TV Ryan Murphy, yang memproduksi film dokumenter "A Secret Love", penyanyi country Tim McGraw yang berada di "The Blind Side" dan penulis lirik Bernie Taupin yang berkontribusi pada film biografi "Rocketman" karya biografi Elton John.

Presiden AMPAS David Rubin mengatakan bahwa akademi dengan senang hati menyambut para insan berbakat di industri perfilman dari berbagai negara. Pada tahun 2020, Ampas memang berkomitmen untuk menggandakan jumlah keanggotaan perempuan dan minoritas.

Dilihat dari daftar undangan yang dirilis, sebanyak 45 persen merupakan perempuan dan 36 persen lainnya merupakan insan perfilman yang memiliki kulit berwarna. Akademi juga telah mengumumkan rencana yang mencakup penerapan standar inklusi untuk nominasi.

"Kami berharap dapat terus membina Akademi yang mencerminkan dunia di sekitar kita. Baik dalam keanggotaan, program, museum baru hingga penghargaan," kata CEO akademi Dawn Hudson dalam pernyataan tertulis, dilansir AP pada Rabu (1/7).

Penghargaan Oscar ke-93 dijadwalkan berlangsung pada 25 April 2021, dua bulan lebih lambat dari yang direncanakan sebelumnya imbas pandemi COVID-19 yang memukul industri hiburan dunia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA