Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

FIFA Beri Solusi Finasial Dampak Covid-19

Rabu 01 Jul 2020 12:05 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko

FIFA

FIFA

Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
Sepakbola mendadak lumpuh akibat pandemi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Sepakbola mendadak lumpuh akibat pandemi virus corona sehingga memaksa seluruh pemangku kebijakan dan praktisi harus mengubah berbagai sektor untuk menyesuaikan dengan keadaan. Hal ini dianggap menjadi bukti bahwa sepakbola bukan hanya permainan, tapi juga persoalan ekonomi global. 

Baca Juga

Stadion dipaksa tetap kosong, bola disterilkan, bahkan jadwal pertandingan dibuat padat agar musim kompetisi tetap dapat diselesaikan agar pihak penyiar tidak menderita kerugian. 

Seperti dilaporkan Forbes, FIFA mengumumkan anggaran dana 1,5 miliar dollar AS untuk dikucurkan kepada komunitas sepakbola dengan konsep pinjaman. 

"Ini adalah langkah yang paling mungkin dilakukan karena posisi FIFA yang masih kuat," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino, dikutip dari Forbes, Rabu (1/7). 

Tak heran, federasi tertinggi sepakbola itu mencatat peningkatkan pendapat dari 2,7 miliar dollar AS menjadi 6,4 miliar dollar AS dalam kurun waktu empat tahun. Piala Dunia 2018 menjadi hajatan yang menghasilkan dana terbesar. 

Atas dasar hal itu, FIFA merasa bertanggungjawab berperan mendongkrak krisis finansial yang dialami berbagai tim sepakbola selama pandemi. 

Setiap anggota asosiasi sepakbola setiap negara akan diberikan pinjaman setidaknya 1 juta dollar AS dengan tambahan 500 ribu dollar AS untuk sepakbola wanita. Konfederasi sepakbola tingkat benua akan diberikan pinjaman masing-masing 2 juta dollar AS. 

Untuk melunasi utang, para penerima bantuan akan membayarnya lewat potongan hingga 35 persen dari pemasukan tahunan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA