Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Daihatsu Gelar Festival Penjualan Virtual

Rabu 01 Jul 2020 07:53 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Karyawan melayani calon pembeli mobil di Tunas Daihatsu, Tebet, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan, penjualan mobil di Indonesia pada Mei 2020 hanya mencapai 17

Karyawan melayani calon pembeli mobil di Tunas Daihatsu, Tebet, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan, penjualan mobil di Indonesia pada Mei 2020 hanya mencapai 17

Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Daihatsu memberikan promo dan penawaran menarik selama penjualan virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam persiapan untuk beraktivitas kembali menjelang new normal, mobil pribadi adalah salah satu opsi alat transportasi paling aman yang dapat diandalkan untuk berpergian. Namun, di tengah pandemi yang belum berakhir seperti saat ini, tidak semua konsumen bisa melakukan proses pembelian mobil dengan cara mendatangi outlet.

Daihatsu menyediakan pelayanan agar masyarakat dapat tetap aman dan nyaman dalam memesan mobil tanpa harus mendatangi outlet, yakni melalui acara bertajuk Virtual Daihatsu Festival.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, acara ini merupakan ajang bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan mobil Daihatsu secara online menggunakan media digital meeting.

"Pada program ini, Daihatsu memberikan promo dan penawaran menarik, seperti gratis biaya admin untuk pembelian kredit, gratis Daihatsu Genuine Oil (DGO) untuk penggantian oli mesin selama 1 tahun bagi 500 pemesan pertama, hingga hadiah langsung yang menarik dari Daihatsu. Selain program penjualan, tentunya ada juga acara hiburan di Virtual Daihatsu Festival ini, seperti stand up comedy, talkshow dan kuis yang interaktif," kata Hendrayadi dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (30/6).

Festival ini merupakan kegiatan yang digelar hanya dalam satu jam pada akhir pekan lalu. Kegiatan ini merupakan terobosan Daihatsu dalam menghadirkan layanan penjualan yang aman, nyaman dan tetap menawarkan beragam promo yang menarik.

“Daihatsu berusaha untuk selalu dekat dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang terbaik, walaupun tanpa tatap muka secara langsung. Lewat Virtual Daihatsu Festival, Daihatsu tidak hanya memberikan pelayanan pembelian mobil dengan program yang menarik, namun juga menyediakan layanan One Stop Solution yang didukung oleh Value Chain Astra, sehingga proses pembelian pun menjadi mudah dan cepat," ujarnya.

Upaya ini pun dapat diakatakan sebagai upaya Daihatsu untuk terus meningkatkan market share di tengah kondisi pasar yang menantang. Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, secara year to date, penjualan Daihatsu memang mengalami penurunan.

"Tetapi, market share Daihatsu mengalami kenaikan dari 18 persen pada Mei 2019 menjadi 18,4 persen pada Mei 2020," kata Amelia.

Secara total, penjualan Daihatsu pada pasar wholesales sepanjang tahun ini adalah sebesar 49.443 unit. Sedangkan penjualan ritel selama Januari hingga Mei 2020 adalah sebanyak 48.019 unit.

Artinya, lanjut dia, penjualan ritel pada Januari hingga Mei mengalami penurunan sekitar 39 persen. Hal ini sekaligus menunjukan bahwa Daihatsu mengalami penuruna yang lebih rendah dibanding penurunan pasar nasional yang mencapai 40 persen.

Sedangkan untuk wholesales, pasar nasional juga mengalami penurunan sebesar 41 persen. Sedangkan penurunan yang dialami oleh Daihatsu hanya sebesar 39 persen.

"Artinya market share Daihatsu secara whole sales juga mengalami kenaikan dari 19,2 persen di tahun 2019 menjadi 19,9 persen di tahun 2020," ucap dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA