Komisi II : Protokol Kesehatan Kunci Sukses Pilkada 2020

Kedisiplinan masyarakat juga penting dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020

Rabu , 01 Jul 2020, 06:30 WIB
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan bahwa protokol pencegahan Covid-19 menjadi penting dalam tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Foto ilustrasi
Foto: Republika/Mimi Kartika
Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan bahwa protokol pencegahan Covid-19 menjadi penting dalam tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Foto ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan bahwa protokol pencegahan Covid-19 menjadi penting dalam tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Hal tersebut merupakan salah satu kunci kesuksesan kontestasi di tengah pandemi.

Ia menjelaskan, persoalan yang perlu disiapkan oleh penyelenggara Pemilu saat ini adalah operasionalisasi pelaksanaan Pilkada yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat. "Jadi untuk prinsip penerapan protokol Covid-19 ini harus jelas, tinggal tantangannya adalah operasionalisasinya," ujar Doli di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/6).

Baca Juga

Kedisiplinan masyarakat juga penting dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Karena tahapan utamanya melibatkan publik dalam pemilihan.

"Ini perlu kebiasaan cuci tangan, bawa hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh. Saya kira itu modal besar kesuksesan Pilkada serentak,” ujar Doli.

Ia juga menekankan untuk tetap menjaga nilai demokrasi dalam Pilkada. Salah satunya menjaga tingkat partisipasi pemilih, hingga menekankan sosialisasi yang masif.

"Kita sudah mengambil keputusan politik dan juga sudah menjadi keputusan hukum, tinggal kita bisa melaksanakannya dengan baik dan ini butuh komitmen," ujar Doli.