Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Pelanggaran Terhadap Norma Alquran Bisa Dilihat Kasat Mata

Selasa 30 Jun 2020 23:06 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah

Manusia bisa menilai ketika seseorang telah melanggar norma Alquran. Ilustrasi membaca Alquran.

Manusia bisa menilai ketika seseorang telah melanggar norma Alquran. Ilustrasi membaca Alquran.

Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Manusia bisa menilai ketika seseorang telah melanggar norma Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran adalah pendoman bagi segenap umat manusia. di dalam Alquran dibahas beberapa hal berkaitan dengan manusia dan kehidupannya.

Menurut pakar Alquran, KH Ahsin Sakho Muhammad, di antaranya perihal akhlak, ibadah, etika, ataupun muamalah. Nilai-nilai yang dikandung dalam Alquran disebut bisa menjadi pencerah bagi kehidupan masyarakat.

Baca Juga

Dia menyebut, dalam hal yang berkaitan dengan etika, Alquran tidak menjelaskan secara satu per satu. "Biarkan masyarakat yang akan tahu sendiri apa akibat jika melanggar dan manfaat jika mengikuti," ujarnya sebagaimana dikutip dari arsip Harian Republika, belum lama ini.

Begitu pun dengan masalah akhlak. Menurut ahli tafsir ini, jika akhlak seseorang sudah bergeser dari apa yang dijabarkan dalam Alquran, akan mengurangi kepercayaan dan amanah orang terhadapnya. Dia mencontohkan, korupsi merupakan salah satu tindakan yang melenceng dari dasar-dasar akhlak yang baik.  

Jika hal tersebut diteruskan, masyarakat akan melihat tindakan yang bertolak belakang dengan akhlak ini menjadi sesuatu yang biasa dan berujung pada kehancuran.

Padahal, sejak dulu, baik Alquran maupun hadits menyebut akhlak adalah salah satu kunci keberhasilan umat Islam. 

Rektor IIQ periode 2005-2014 ini juga menyebut, setinggi apa pun ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang, apabila tidak dimahkotai dengan akhlak yang mulia dan Alquran, tidak akan berarti apa-apa.  

Dalam Islam, ada lima kebutuhan pokok kehidupan. Salah satunya adalah agama, selaku hal yang dapat meng atur kehidupan. Agama penting dalam kehidupan. "Namun, saat ini banyak yang tidak lagi menjadikan agama sebagai saka guru kehidupan,"ujar nya.  

Alquran merupakan salah satu pedoman bagi umat Islam dalam memahami agama. Ada banyak nilai ataupun kisah yang dapat dipetik dan dijadikan tumpuan dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA