Rabu 01 Jul 2020 02:12 WIB

Baznas Sulut Bantu UKM Terdampak Covid-19

Di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, penghasilan pelaku mikro menurun

Sejumlah pengunjung melihat-lihat makanan dan minuman produksi usaha kecil dan menengah (UKM) dalam sebuah pameran. (ilustrasi)
Foto: Antara/Andika Wahyu
Sejumlah pengunjung melihat-lihat makanan dan minuman produksi usaha kecil dan menengah (UKM) dalam sebuah pameran. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara membagikan bantuan sembako kepada pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi virus corona (COVID-19) di Kota Manado.

"Kami membagikan bahan pokok atau sembako kepada sejumlah pelaku usaha mikro di Kota Manado," kata Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan di Manado, Selasa.

Abid mengatakan pelaku usaha mikro ini adalah pejuang keluarga, tak ter-marginal-kan bahwa mencari nafkah adalah area wajib para lelaki atau suami, pun mampu dilakukan oleh para ibu/istri untuk keberlanjutan kehidupan keluarga, demi rasa cinta yang luar biasa terhadap keluarga.

Di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang, penghasilan pelaku mikro menurun karena kesulitan mendapatkan pelanggan atau pembeli. Bahkan sebelum situasi pandemi, pendapatan rutin yang diperoleh tidak begitu besar.

"Sehingga, untuk sedikit meringankan beban mereka, melalui Baznas memberikan paket sembako, semoga bisa membantu," katanya.

Dia mengatakan pelaku mikro ini paling banyak melakukan aktivitas di Pasar 45 Manado.

Pandemi COVID-19 berimbas secara langsung terhadap kelangsungan usaha mikro yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Pelaku usaha mikro ini, katanya, membutuhkan bantuan secara langsung dari pemerintah dan kelompok masyarakat yang lebih beruntung.

Menurut dia, pelaku usaha mikro yang mendapat bantuan terutama mereka yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement