Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Lagu Lathi Pecahkan Rekor Spotify Indonesia

Selasa 30 Jun 2020 17:26 WIB

Red: Nora Azizah

Lagu

Lagu "Lathi" hasil kolaborasi trio EDM asal Indonesia, Weird Genius, dengan Sara Fajiran, memecahkan rekor di Spotify Indonesia (Foto: ilustrasi Spotify)

Foto: EPA
Lagu 'Lathi' juarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu "Lathi" hasil kolaborasi trio EDM asal Indonesia, Weird Genius, dengan Sara Fajiran, memecahkan rekor di Spotify Indonesia. "Lathi" menjadi lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama.

Bertahan selama enam pekan sejak 10 Mei 2020, pencapaian "Lathi" mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang Hindia dengan lagu hit, "Secukupnya". Hindia sebelumnya sempat berada di puncak tangga lagu selama empat pekan pada awal tahun ini.

"Lathi" dirilis pada akhir Februari 2020, lagu tersebut pun meraih popularitas dengan perlahan tapi pasti. Data Spotify menunjukkan bahwa popularitasnya mulai naik sepanjang Maret dan April, yakni saat lagu tersebut masuk dalam sejumlah daftar putar, playlist, lokal populer seperti Lantai Dansa dan Top Hits Indonesia hingga berhasil menduduki peringkat jawara di tangga lagu Indonesia Top 50 pada 10 Mei.

Popularitas "Lathi" pun melampaui jarak dan menembus batasan budaya. Lagu hits ini berhasil memasuki sejumlah tangga lagu di negara lain, mulai dari Singapura (nomor 1 di Singapore Viral 50 pada Juni 2020), Malaysia (nomor 1 di Malaysia Viral 50 pada Mei 2020), Hong Kong, hingga Taiwan.

Single tersebut bahkan masuk dalam jajaran Global Viral 50 Spotify dan bisa bertahan hingga menduduki peringkat kedua. Puncaknya, "Lathi" masuk di salah satu playlist global terpanas milik Spotify, Teen Party yang sampai saat ini memiliki lebih dari 3 juta pengikut di seluruh dunia.

"Indonesia begitu kaya akan talenta, dan kami bangga bisa mendukung musisi seperti Weird Genius yang mewakili keberagaman luar biasa serta kesenian lokal. Kami berharap bisa terus membantu para penggemar untuk dapat menemukan berbagai macam artis, genre, dan lagu dari Indonesia, serta mendukung dan mengangkat lebih banyak genre lokal ke hadapan para penggemar di Indonesia dan di luar negeri," kata Head of Artist and Label Partnership, Asia, Spotify, Kossy Ng melalui keterangan resminya, Selasa (30/6).

Dengan perpaduan eklektik dari genre musik elektronik dan pop, yang ditemani sentuhan musik khas Jawa, "Lathi" terus memukau dan mengejutkan para pendengar di seluruh Asia. Lagu ini juga telah didengarkan lebih dari 19,8 juta kali di Spotify sampai saat ini.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA