Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Khabib Atlet Sukses di Rusia tanpa Sponsor Rokok dan Alkohol

Selasa 30 Jun 2020 17:03 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Khabib Nurmagomedov jadi atlet tersukses dalam pemasukan meskipun tanpa sponsor rokok, minuman beralkohol, dan rumah judi.

Khabib Nurmagomedov jadi atlet tersukses dalam pemasukan meskipun tanpa sponsor rokok, minuman beralkohol, dan rumah judi.

Foto: youtube/CBS Sports HQ
Khabib tidak menggandeng perusahaan minuman beralkohol, rumah judi, ataupun rokok.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Khabib Nurmagomedov, kembali menempati posisi teratas dalam daftar publik figur dan atlet tersukses asal Rusia di bawah usia 40 tahun versi Forbes. Hal ini didasarkan pada penghasilan Khabib, yang mencapai total 16,5 juta dolar AS dalam tahun anggaran 2019, yang dilaporkan pada April 2020 silam.

Selain penghasilan selama satu tahun, petarung Muslim pertama yang menjadi juara di gelaran UFC itu pun menjadi publik figur atlet Rusia terpopuler, yang ditandai dengan jumlah pengikut di Instagram hingga mencapai 20 juta akun. Pada tahun lalu, Khabib juga berada terpilih sebagai publik figur dan atlet tersukses Rusia di bawah umur 40 tahun.

Uniknya, Khabib masih bisa mengumpulkan pundi-pundi kekayaan meski memiliki aturan ketat terkait kerja sama sponsorship dengan sejumlah perusahaan. 

Baca Juga

"Khabib memiliki aturan tegas untuk tidak menggandeng perusahaan minuman beralkohol, rumah judi, ataupun rokok sebagai sponsor. Kendati begitu, Khabib tetap mendapatkan sponsor dari perusahaan lain, seperti perusahaan otomotif, Toyota, produsen minuman berenergi, Gorilla Energy Drink, dan produsen minyak jinten, Alhadaya," tulis keterangan Forbes seperti dilansir Bloodyelbow, Selasa (30/6).

Forbes juga menyebut, Khabib mendapatkan pemasukan yang cukup besar dari tawaran menjadi pembicara publik. Dalam satu sesi diskusi ataupun pertemuan publik, Khabib mendapatkan bayaran 5,5 juta rubel atau sekitar 76 ribu dolar as. Penghasilan selama setahun dan pengikut di media sosial membuat Khabib unggul dari sejumlah nama besar publik figur dan atlet asal Rusia di bawah 40 tahun.

Khabib tercatat mengungguli raper asal Rusia, Egor Kreed, dan dua atlet hoki asal Rusia, yang berkiprah di Liga Hoki Amerika Serikat (NHL), Alexander Ovechkin dan Artemi Panarin. Bahkan, Khabib dianggap lebih sukses dari petenis berusia 24 tahun, Daniil Medvedev. 

Selain itu, petarung berjuluk The Eagle itu dianggap lebih populer dibanding penyanyi Olga Buzova, yang saat ini dianggap publik figur paling berpengaruh di Rusia. 

"Selalu menyenangkan bisa berada di urutan teratas. Tidak peduli apakah itu di media sosial, di dalam pertarungan, ataupun di dunia bisnis," kata Khabib seperti dilansir Bloodyellow pada tahun lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA