Selasa 30 Jun 2020 16:25 WIB

Cara Mudah Menyerut Biji Jagung tanpa Berantakan

Diperlukan 2 alat untuk membuat biji jagung tak terpental ke mana-mana saat diserut.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Jagung. Ketika menyerutnya, biji jagung kerap terpental dari wadahnya hingga berantakan. Ada cara mudah untuk mengatasi kehebohan itu.
Foto: Antara/Arnas Padda
Jagung. Ketika menyerutnya, biji jagung kerap terpental dari wadahnya hingga berantakan. Ada cara mudah untuk mengatasi kehebohan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Menyerut biji jagung dari bonggolnya kerap menyusahkan karena mudah terpencar ke mana-mana. Agar itu tidak terjadi, praktisi memasak Ina Garten membagikan cara sederhana yang hanya membutuhkan dua perangkat, yakni sebuah pisau tajam dan serbet.

Garten sebenarnya sudah lama membagikan trik ini di Instagram, tepatnya dua tahun silam. Unggahan videonya disimak ratusan ribu kali dan mendapat lebih dari 2.000 komentar. Banyak orang menganggap tips itu sangat membantu mereka di dapur.

Baca Juga

"Saatnya musim jagung! Begini cara saya menyerut biji jagung dari bonggol tanpa membuatnya tersebar ke seluruh dapur. Bagaimana Anda melakukannya?" tulis Garten pada keterangan video, seperti dikutip dari laman Today.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

It’s finally corn season! This is how I cut the kernels off the cob without getting them all over my kitchen. How do you do it? #BCprotips #CookLikeAPro

A post shared by Ina Garten (@inagarten) on

Penulis buku masak Barefoot Contessa itu menjelaskan langkah demi langkah agar warganet bisa mengikutinya. Pertama, letakkan serbet bersih di tempat melepas biji jagung, kemudian ambil pisau dapur yang sangat tajam.

Garten mengingatkan ketajaman pisau sangat penting supaya semua biji bisa diambil dengan mudah. Selanjutnya, potong bagian ujung jagung yang menonjol dengan pisau, sehingga ada tepian rata dan jagung bisa diposisikan berdiri.

Dengan mudah, Garten mengiris biji jagung dari bagian atas ke bawah, yang semuanya langsung terjatuh di atas serbet. Setelah biji di seluruh sisi jagung terlepas, dia menekuk serbet sehingga semuanya terkumpull jadi satu.

Garten lantas memasukkan semua biji di serbet ke sebuah wadah yang sudah disiapkan. Jagung pun siap diolah.

"Tanpa serbet, biji-biji ini bisa terpental ke seluruh dapur. Beginilah melepaskan biji jagung dengan mudah, tanpa kekacauan," kata dia dalam video.

Pemandu acara memasak di Food Network itu bukan hanya master di bidang sayuran. Dia juga membagikan tips memasak ayam goreng renyah serta cara membuat koktail. Belum lagi resep lezat dari mantan staf manajemen dan anggaran Gedung Putih tersebut.

Beberapa resep berbahan jagung ala Garten termasuk fresh corn salad yang segar, dibuat dengan bawang merah dan sari cuka. Hidangan lain yang patut dicoba di dapur adalah confetti Corn, berbahan jagung, paprika, basil, dan daun bawang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement