Friday, 26 Zulqaidah 1441 / 17 July 2020

Friday, 26 Zulqaidah 1441 / 17 July 2020

Cara Mudah Menyerut Biji Jagung tanpa Berantakan

Selasa 30 Jun 2020 16:25 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Jagung. Ketika menyerutnya, biji jagung kerap terpental dari wadahnya hingga berantakan. Ada cara mudah untuk mengatasi kehebohan itu.

Jagung. Ketika menyerutnya, biji jagung kerap terpental dari wadahnya hingga berantakan. Ada cara mudah untuk mengatasi kehebohan itu.

Foto: Antara/Arnas Padda
Diperlukan 2 alat untuk membuat biji jagung tak terpental ke mana-mana saat diserut.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Menyerut biji jagung dari bonggolnya kerap menyusahkan karena mudah terpencar ke mana-mana. Agar itu tidak terjadi, praktisi memasak Ina Garten membagikan cara sederhana yang hanya membutuhkan dua perangkat, yakni sebuah pisau tajam dan serbet.

Garten sebenarnya sudah lama membagikan trik ini di Instagram, tepatnya dua tahun silam. Unggahan videonya disimak ratusan ribu kali dan mendapat lebih dari 2.000 komentar. Banyak orang menganggap tips itu sangat membantu mereka di dapur.

"Saatnya musim jagung! Begini cara saya menyerut biji jagung dari bonggol tanpa membuatnya tersebar ke seluruh dapur. Bagaimana Anda melakukannya?" tulis Garten pada keterangan video, seperti dikutip dari laman Today.

Baca Juga



Penulis buku masak Barefoot Contessa itu menjelaskan langkah demi langkah agar warganet bisa mengikutinya. Pertama, letakkan serbet bersih di tempat melepas biji jagung, kemudian ambil pisau dapur yang sangat tajam.

Garten mengingatkan ketajaman pisau sangat penting supaya semua biji bisa diambil dengan mudah. Selanjutnya, potong bagian ujung jagung yang menonjol dengan pisau, sehingga ada tepian rata dan jagung bisa diposisikan berdiri.

Dengan mudah, Garten mengiris biji jagung dari bagian atas ke bawah, yang semuanya langsung terjatuh di atas serbet. Setelah biji di seluruh sisi jagung terlepas, dia menekuk serbet sehingga semuanya terkumpull jadi satu.

Garten lantas memasukkan semua biji di serbet ke sebuah wadah yang sudah disiapkan. Jagung pun siap diolah.

"Tanpa serbet, biji-biji ini bisa terpental ke seluruh dapur. Beginilah melepaskan biji jagung dengan mudah, tanpa kekacauan," kata dia dalam video.

Pemandu acara memasak di Food Network itu bukan hanya master di bidang sayuran. Dia juga membagikan tips memasak ayam goreng renyah serta cara membuat koktail. Belum lagi resep lezat dari mantan staf manajemen dan anggaran Gedung Putih tersebut.

Beberapa resep berbahan jagung ala Garten termasuk fresh corn salad yang segar, dibuat dengan bawang merah dan sari cuka. Hidangan lain yang patut dicoba di dapur adalah confetti Corn, berbahan jagung, paprika, basil, dan daun bawang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 

TERPOPULER