Selasa 30 Jun 2020 16:23 WIB

Alasan Ducati Izinkan Dovi Motocross-an Sebelum Kecelakaan

Dovi mengalami pergeseran tulang selangka.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Andrea Dovizioso
Foto: EPA-EFE
Andrea Dovizioso

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ -- Pembalap MotoGP dari tim Ducati Andrea Dovizioso mengalami kecelakaan saat melakukan balapan motocross di Fanza, Italia. Akibatnya ia harus menjalani operasi karena mengalami pergeseran di tulang selang. Dovi pun menjelaskan mengapa timnya memberi izin untuk balapan motocross.

Alasan ia mengikuti balapan tersebut karena butuh sentuhan untuk mengembalikan dan menstimulus sensasi kompetisi yang sebenarnya. Direktur olahraga Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengungkapkan alasan mengapa timnya memberikan izin istimewa untuk pembalapnya yang sudah ada Ducati selama tiga musim terakhir itu.

Padahal, Ducati sadar motocross merupakan olahraga yang menawarkan risiko tinggi. ''Kami masih mengizinkan Andrea untuk ikut serta balapan regional ini, karena dia menjelaskan ke kami bahwa dia butuh merangsang kembali sensasi balapan sesungguhnya,'' ucap Ciabatti, dikutip dari Crash, Selasa (30/6).

Di sisi lain, lanjut dia, motocross juga jadi salah satu disiplin yang harus dilalui pebalap MotoGP saat latihan. Ducati yakin Dovi tidak mengalami cedera yang memberikan konsekuensi serius, dan tetap akan ikut dalam balapan pembuka 2020 di Jerez. Dengan waktu di trek pada mesin MotoGP sangat dibatasi, motocross diyakini sebagai metode populer untuk pebalap agar tetap bugar secara fisik dan menjaga ketajaman skill di motor. 

Walaupun, rekan setim Dovi, Danilo Petrucci, yang juga fan berat Motocross, tidak ikut dalam ajang balapan di Faenza tersebut. Namun itu bukan dilarang tim, melainkan keputusan pribadi Petrucci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement