Selasa 30 Jun 2020 16:06 WIB

Tips Dapatkan Rambut Berkilau dengan Mudah

Mendapatkan rambut yang berkilau tidak selalu harus dengan perawatan mahal.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Rambut
Foto: mybluemascara.blogspot.com
Rambut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut yang terlihat indah, halus, dan berkilau menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, hal ini tidak selalu mudah didapatkan, tanpa melakukan sejumlah perawatan yang tepat.

Paparan polusi, bahan kimia dalam produk penata rambut, dan gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Kerusakan yang terjadi pada akhirnya membuat rambut tak lagi terlihat indah, salah satunya dengan jelas kehilangan kilau.

Baca Juga

Dilansir Bold Sky, ada beberapa cara mudah agar Anda bisa mendapatkan kembali rambut yang berkilau dan halus. Tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk membeli berbagai produk perawatan rambut yang mahal, berikut tips yang bisa dilakukan:

Sampo hair-friendly

Produk sampo yang biasa digunakan sehari-hari biasanya mengandung bahan kimia dan dapat merusak rambut Anda. Karena itu, coba beralih dengan menggunakan sampo bebas paraben dan sulfat dan cobalah sampo alami dan organik sebagai gantinya.

Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel menjadi produk yang dapat menyehatkan kulit kepala dan rambut. Bekerja dengan memperbaiki kerusakan di kutikula rambut, produk ini bekerja mengembalikan kilau.

Selain itu, duka sari apel juga memiliki  sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang menghilangkan produk sisa dan menangkal bakteri penyebab ketombe yang berbahaya.

Encerkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air. Setelah mencuci rambut, bilas kulit kepala Anda dengan larutan ini dan biarkan selama beberapa detik. Jangan lupa bilas dengan air dingin untuk tahap akhir.

Jangan sering keramas

Berikan jeda untuk keramas. Setiap hari mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami di kepala yang membuat rambut mudah kusam dan rusak.

Berikan jeda dua hingga tiga hari untuk setiap keramas. Selain itu, Anda bisa mencoba menggunakan air hangat di bilasan pertama untuk mengangkat kotoran dengan maksimal dan untuk bilasan akhir gunakan air dingin agar kutikula rambut kembali tertutup.

Gunakan sarung bantal yang lembut

Rambut perlu terhidrasi agar tetap sehat. Sayangnya, sarug bantal yang digunakan selama tidur bisa menghisap minyak alami rambut dan membuat kilau alami rambut berkurang.

Coba untuk gunakan sarung bantal berbahan lembut, seperti satin atau sutra. Kedua bahan yang lembut ini tidak akan menyerap mintak dari rambut Anda.

Minyak rambut

Cobalah minyak argan yang dibuat khusus untuk melindungi rambut dan membuatnya berkilau. Ini juga bisa digunakan sebelum menata rambut agar terlindung dari kerusakan.

Masker rambut

Gunakan masker rambut di malam hari yang dapat dengan mudah melembabkan dan menghaluskan, serta hasilnya dapat terasa langsung di pagi hari saat bangun. Setidaknya satu kali dalam seminggu oleskan overnight hair masker dan di pagi hari gunakan sampo bebas sulfat untuk membilas rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement