Thursday, 25 Zulqaidah 1441 / 16 July 2020

Thursday, 25 Zulqaidah 1441 / 16 July 2020

Jokowi akan Tegur Menteri Jika Realisasi Anggaran Rendah

Selasa 30 Jun 2020 12:29 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Paripurna Kabinet.

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Paripurna Kabinet.

Foto: istimewa/tangkapan layar
Jokowi terus memantau realisasi belanja anggaran yang dikeluarkan oleh kementerian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memerintahkan jajaran menteri dan kepala lembaga agar segera mengeluarkan anggaran belanja untuk penanganan covid-19 dan dampaknya. Ia menyebut terus memantau realisasi belanja anggaran yang dikeluarkan oleh kementerian atau lembaga.

Jika realisasi belanja kementerian/lembaga masih rendah, Jokowi mengaku akan langsung menegur menteri atau kepala lembaga yang bersangkutan. Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan melalui video conference untuk penanganan covid-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Tengah, Selasa (30/6).

“Saya pantau setiap hari. Saya sekarang tahu setiap hari kementerian ini sudah keluar berapa persen, lembaga ini sudah keluar berapa persen. Kalau masih rendah, saya telepon langsung saya tegur, langsung menterinya atau kepala lembaganya,” tegas Jokowi.

Ia mengatakan, anggaran belanja harus segera dikeluarkan baik oleh kementerian atau lembaga. Sehingga peredaran uang di masyarakat juga semakin besar.

“Harus terus belanja-belanja itu kita dorong agar peredaran uang yang ada di masyarakat semakin banyak,” ucapnya.

Seperti diketahui, saat sidang kabinet paripurna lalu, Presiden tampak kesal terhadap kinerja para menterinya khususnya di bidang kesehatan. Sebab, anggaran kesehatan sebesar Rp75 triliun yang telah disiapkan untuk penanganan covid-19 baru terserap 1,53 persen.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA