Selasa 30 Jun 2020 00:33 WIB

Edukasi Protokol Kesehatan Mulai dari Keluarga

keluarga sebagai unit terkecil untuk edukasi protokol kesehatan.

Mencuci tangan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Mencuci tangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Akademisi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Muridan mengatakan edukasi mengenai protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19 dapat dimulai dari keluarga. Dia mengatakan keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat berperan strategis dalam edukasi pentingnya protokol kesehatan.

Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto itu menjelaskan salah satu fungsi keluarga adalah menjaga kesehatan seluruh anggota keluarganya, baik secara fisik maupun psikis.

Baca Juga

"Pada era pandemi ini fungsi ini makin relevan yakni bagaimana memastikan anggota keluarga aman dari kemungkinan paparan COVID-19 melalui edukasi mengenai protokol kesehatan," katanya, Senin (29/6).

Hal tersebut, kata dia, merupakan bentuk tindakan pencegahan atau tindakan preventif dengan memberikan pemahaman yang benar terhadap informasi COVID-19.

"Dengan demikian maka keluarga memiliki peran penting dalam membentengi seluruh anggota keluarga dari paparan COVID-19, ini menjadi penting dilakukan untuk membantu pemerintah dalam memotong mata rantai penyebaran virus," katanya.

Untuk itu, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) kata dia dapat menjadi momentum untuk meningkatkan lagi fungsi keluarga dalam melindungi kesehatan seluruh anggota keluarganya. Dengan demikian, tambah dia, maka seluruh anggota keluarga dapat makin meningkatkan kepedulian satu sama lain.

"Harganas pada masa pandemi menuntut seluruh keluarga untuk makin peduli terhadap perlindungan kesehatan, mulai dari protokol kesehatan hingga pemenuhan makanan bergizi guna menjaga daya tahan tubuh," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement