Senin 29 Jun 2020 20:29 WIB

Jakbook Online Menggandeng Shopee dan Republika

Jakbook Online sudah resmi dibuka.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Republika Dukung Jakbook Online 2020
Foto: Dok Republika
Republika Dukung Jakbook Online 2020

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta, kembali menggelar Jakarta Book Fair (Jakbook). Berbeda dengan pelaksanaan Jakbook sebelumnya, kali ini digelar dengan sistem daring.  IKAPI DKI Jakarta juga menggandeng Shopee dan Republika dalam acara tersebut.

"Kegiatan ini merupakan respon atas kebutuhan para penerbit untuk membuka peluang pasar yang lebih luas melalui daring. Kebutuhan itu ditanggapi Shopee secara baik. Sehingga pameran ini bisa terwujud. maka pameran kali ini bernama Shopee Jakarta Book Fair Online," kata Ketua Ikapi DKI Jakarta Hikmat Kurnia dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Senin (29/6).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan kegiatan ini merupakan respon atas kebutuhan para penerbit untuk membuka peluang pasar yang lebih luas melalui daring. Kebutuhan itu ditanggapi Shopee secara baik, sehingga pameran ini bisa terwujud. Maka dari itu, kata dia pameran kali ini bernama Shopee Jakarta Book Fair Online.

Sementara itu, Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan saat ini senang sekali dapat bekerjasama dengan IKAPI dalam menghadirkan Jakarta Book Fair Online 2020. Sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung konsumen dalam menjalankan the new normal.

"Kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna serta menciptakan pengalaman belanja online terbaik, salah satunya dengan menghadirkan kampanye Jakarta Book Fair Online 2020. Kami berharap melalui kampanye ini, Shopee dapat mengambil peran dalam mendukung kampanye literasi dan budaya membaca dengan memperluas jangkauan dan memberi akses akan rangkaian pilihan buku bacaan kepada pengguna di seluruh Indonesia tanpa harus keluar rumah," kata dia.

Ketua Panitia Jakbook Online, Mh Sadli mengatakan Jakbook Online akan digelar pada 29 Juni hingga 2 Juli 2020. Pameran ini tetap digelar dengan sistem online dan bekerja sama dengan sejumlah penerbit.

"Jakarta Book Fair Online ini bekerja sama pula dengan marketplace Shopee dan Harian Republika dan Gerai Republika. Sinergi ini diharapkan mampu meningkatkan literasi di masyarakat di tengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini," kata dia.

Adapun jumlah peserta Jakbook Online ini berjumlah 85 penerbit. Banyak peserta penerbit yang turut serta mengikuti acara Jakbook Online ini. Ada 31 ribu judul buku dan lebih dari 900 ribu eksemplar yang disiapkan para penerbit selama JakBook berlangsung.

Hal ini, lanjut dia, menunjukkan bahwa pameran Jakbook ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat dan peminat buku. "Kami berharap, pameran Jakbook Online ini bisa mendukung tumbuhnya perekonomian Indonesia," kata Sadli.

Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi mengatakan, mendukung pameran Jakbook Online ini. Ia juga berterima kasih atas kepercayaan Ikapi DKI untuk menggandeng Republika sebagai media partner dalam acara tersebut.

"Buku adalah sumber pengetahuan, jendela ilmu. Dengan buku, maka diharapkan wawasan kebangsaan, wawasan keislaman, wawasan dunia pengetahuan berkembang makin baik lagi," kata dia.

Irfan menambahkan Republika sangat terhormat bekerja sama dengan Ikapi DKI Jakarta dalam rangka mendorong tumbuhan literasi serta minat baca di kalangan masyarakat.

"Mari bersama-sama kita meningkatkan literasi untuk kebaikan bersama dan mencerdaskan bangsa," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement