Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Gelar Wisuda Virtual

Senin 29 Jun 2020 20:15 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Gelar Wisuda Virtual (ilustrasi)

Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Gelar Wisuda Virtual (ilustrasi)

Foto: dokpri
Ada banyak santri yang mampu menyelesaikan hafalan Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID,KUNINGAN -- Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, membuat Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khtoimah Kabupaten Kuningan terpaksa menggelar wisuda (haflah) secara virtual, Ahad (28/6). Wisuda santri Madrasah Aliyah angkatan ke-23 itu dilaksanakan secara daring (online).

Ada 532 santri yang mengikuti prosesi wisuda itu melalui aplikasi zoom, dengan didampingi wali santrinya masing-masing. Sedangkan pihak ponpes, menggelar acara itu di Aula Darul Arqam Pontren Husnul Khotimah dan dihadiri undangan secara terbatas, salah satunya Bupati Kuningan, Acep Purnama.

Dalam sambutannya, Pimpinan Ponpes Husnul Khotimah, Mulyadin Lc, berpesan kepada seluruh santri yang diwisuda untuk tetap menjaga nama baik pondok pesantren serta berusaha mengamalkan ilmu yang telah diraih selama ini.

‘’Raihlah taman surga dengan iman dan ketakwaan. Jangan tinggalkan sholat malam, tetap jaga solat sunah dan puasa sunah, serta kesucian dengan selalu menjaga wudhu karena itu akan mempermudah masuknya ilmu,’’ tegas Mulyadin.

Hal senada diungkapkan Ketua Yayasan Husnul Khotimah Kuningan, KH Mutamad Lc. Dia juga berpesan agar para santri berperan sebagai negarawan sehingga bisa menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang terarah dan takut pada Allah SWT.

‘’Semoga bisa berperan menjadi para ekonom yang punya kontribusi besar untuk membenahi ekonomi bangsa yang saat ini tengah ditimpa musibah Covid-19,’’ tutur Mutamad.

Mutamad pun mengaku bangga dengan lulusan angkatan 23 itu karena ada banyak santri yang mampu menyelesaikan hafalan Alquran. Dia menyebutkan, ada 96 santri yang  bisa menyelesaikan tasmi´ 30 juz . Bahkan, enam santri di antaranya mampu men-tasmi´-kan hafalan 30 juz sekali duduk dalam waktu 11 jam.

‘’Salah satunya bisa menghafalkan sampai nomor ayatnya,’’ terang Mutamad.

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama, mengungkapkan, Ponpes Husnul Khotimah selama ini telah memberikan kontribusi yang besar dalam mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan. Dia mengaku bangga dengan berbagai prestasi yang diraih ponpes tersebut selama ini.

‘’Saya menyampaikan apresiasi setulus-tulusnya kepada Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang selama ini telah mencetak generasi calon penerus dalam pembangunan di segala bidang,’’ tandas Acep. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA