Senin 29 Jun 2020 18:14 WIB

Petugas Hewan Qurban di Bekasi akan Dilakukan Rapid Test

Petugas akan menyisir lapak pedagang dewan qurban di Bekasi.

Pemeriksaan hewan qurban. ilustrasi
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Pemeriksaan hewan qurban. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menyiagakan petugas kesehatan untuk menyisir lapak pedagang hewan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi. Para pedagang akan dilakukan rapid test  untuk mengantisipasi penularan COVID-19.

"Kita akan melakukan rapid test (tes cepat) COVID-19 kepada para pedagang hewan qurban yang ada di Kota Bekasi," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono di Bekasi, Senin (29/6).

Baca Juga

Dia menjelaskan melalui jaringan RW Siaga pihaknya melakukan pemantauan kepada pedagang serta hewan kurban yang masuk ke wilayahnya. "Setelah mendapat laporan dari RW-RW Siaga kita langsung terjunkan petugas kesehatan yang kita miliki. Jadi pemeriksaan kesehatan ini kita mulai dari proses mereka, yaitu pedagang dan hewan kurban yang datang," katanya.

Pihaknya bahkan akan mengawasi secara ketat para pedagang yang berasal dari wilayah zona merah penyebaran COVID-19 selama berada di Kota Bekasi.

Jika saat pengecekan terdapat pedagang yang terindikasi COVID-19 berdasarkan gejala kesehatan, kata dia, tim medis segera melakukan tes cepat dan penanganan lebih lanjut.

"Kalau untuk hewannya tentu yang kita khawatirkan adalah penyakit antraks. Kemudian yang datang, baik pedagang maupun pengantar hewannya, jika dia datang dari zona merah COVID-19, maka kita awasi ekstra ketat," katanya.

Sementara terkait pendistribusian daging hewan kurban, Tri memastikan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dia juga meminta segenap panitia pemotongan hewan kurban mulai memikirkan konsep pendistribusian daging kurban agar sesuai prosedur protokol kesehatan.

"Yang paling bahaya yakni adanya kerumunan massa ketika pendistribusian daging kurban di masjid-masjid. Kita berharap ini diubah pembagiannya, tidak masyarakat yang datang tapi diantar ke rumah, jadi panitia yang datang ke warga," ucap dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement