Thursday, 25 Zulqaidah 1441 / 16 July 2020

Thursday, 25 Zulqaidah 1441 / 16 July 2020

Anthony Mackie Harap MCU Rangkul Personel yang Lebih Beragam

Senin 29 Jun 2020 17:49 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Anthony Mackie, pemeran Falcon di film Avengers berharap Marvel Cinematic Universe (MCU) tak didominasi kulit putih.

Anthony Mackie, pemeran Falcon di film Avengers berharap Marvel Cinematic Universe (MCU) tak didominasi kulit putih.

Foto: EPA
Anthony Mackie merasa terganggu dengan dominasi kulit putih di MCU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Anthony Mackie menilai Marvel Cinematic Universe (MCU) perlu meningkatkan keragaman dari latar belakang orang-orang yang terlibat dalam produksi film. Hal ini berlaku bagi orang-orang yang terlibat di depan atau belakang kamera.

Aktor yang sudah memerankan Falcon dalam MCU sebanyak tujuh kali ini mengaku sempat merasa terganggu ketika menjalani proses produksi film. Mackie mengatakan hampir semua kru yang terlibat dalam tujuh film MCU yang dibintanginya merupakan orang-orang berkulit putih.

"Setiap produser, setiap sutradara, setiap pemeran pengganti, setiap desainer kostum, setiap PA, semuanya orang berkulit putih," ujar Mackie, seperti dilansir USA Today.

Situasi tampak semakin ironis ketika film MCU Black Phanter muncul. Setiap kru yang terlibat dalam produksi film Black Panther merupakan orang-orang berkulit hitam. Sutradara, produser, desainer kostum, hingga pengarah gaya yang terlibat dalam film ini adalah orang-orang berkulit hitam.

Beragam kesuksesan dan prestasi yang diraih Black Panther menunjukkan bahwa orang-orang berkulit hitam juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam produksi film. Akan tetapi, mereka tak banyak dilibatkan ketika MCU membuat film di mana kebanyakan bintangnya merupakan aktor berkulit putih.

"Karena bila Anda hanya melibatkan orang kulit hitam untuk film orang kulit hitam, apakah Anda menganggap mereka (orang-orang kulit hitam) tidak cukup baik untuk dilibatkan ketika Anda memiliki sebagian besar pemain berkulit putih?" ujar Mackie.

Oleh karena itu, Mackie mendorong adanya perbaikan dalam proses perekrutan untuk film-film MCU. Mackie ingin orang-orang yang dilibatkan adalah orang-orang terbaik di bidangnya tanpa memandang latar belakang, baik itu rasial atau gender.

Terkait isu Black Lives Matter, Mackie juga tak ingin tampil seolah-olah statusnya sebagai selebritas akan membuat suaranya lebih terdengar. Mackie mengatakan, orang-orang lainnya juga memiliki suara yang sama pentingnya dengan dia ketika menyuarakan kesetaraan.

"Saya tidak ingin berdiri di atas podium dan memberikan pidato mengenai diri saya sebagai "The Avengers" dan bahwa sekarang "The Avengers" ada di sini untuk menolong! Itu hal yang bodoh," ujar Mackie.

Setelah membintangi tujuh film MCU, Mackie untuk pertama kalinya akan menjadi pemeran utama dalam serial televisi Disney+ berjudul The Falcon and the Winter Soldier. Serial televisi ini dijadwalkan akan rilis pada Agustus mendatang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA