Senin 29 Jun 2020 17:21 WIB

PM Inggris tak Lanjutkan Kebijakan Penghematan Demi Ekonomi

PM Inggris akan memperbanyak belanja publik untuk pemulihan ekonomi dari pandemi

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson
Foto: ANDREW PARSONS/DOWNING STREET/EPA-EFE
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berjanji akan mendorong pengeluaran publik untuk membantu masyarakat memulihkan diri dari pandemi virus corona. Ia juga mengatakan kembali menerapkan kebijakan penghematan akan menjadi sebuah kesalahan.

Johnson berjanji melipatgandakan rencana meningkatkan investasi. Ia menambahkan pemerintahannya yang sudah mengumumkan pengeluaran darurat dan langkah pajak yang diperkirakan sebesar 133 miliar poundsterling akan terus membantu rakyat dan usaha kecil-menengah.

Baca Juga

"Momen ini saatnya untuk menggunakan pendekatan Rooseveltian di Inggris," kata Johnson di stasiun radio Times Radio, Senin (29/6).

Pada 1930-an mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt merilis program 'New Deal', sebuah proyek untuk menciptakan lapangan pekerjaan sebesar-besarnya demi memulihkan Negeri Paman Sam usai Depresi Besar.

"Saya pikir investasi akan membayarnya karena ini sangat, sangat dinamis, ekonomi yang sangat produktif," kata Johnson.

Ia berjanji membuka wadah bagi perusahaan untuk berinvestasi baik dalam bentuk kapital maupun pelatihan tenaga kerja. Sebelumnya Kantor Pengelolaan Utang (DMO) pemerintah Inggris  mengatakan dari April hingga Agustus mereka berencana menjual 275 miliar poundsterling utang pemerintah.

Uang tersebut untuk menutupi pengeluaran dalam menanggulangi pandemi virus corona. Penjualan utang yang menembus rekor itu dua kali lipat dibandingkan penjualan tahun finansial sebelumnya. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement