Friday, 26 Zulqaidah 1441 / 17 July 2020

Friday, 26 Zulqaidah 1441 / 17 July 2020

Setelah Juara, Liverpool Disarankan Bangun Dinasti

Senin 29 Jun 2020 17:07 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

liverpool juara

liverpool juara

Foto: skysports
Liverpool sudah dipastikan merebut gelar juara Liga Inggris 2019/2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Liverpool sudah dipastikan merebut gelar juara Liga Inggris pertamanya dalam 30 tahun terakhir. The Reds mempunyai peluang mengalahkan rekor 100 poin Manchester City dua musim lalu ketika menjadi kampiun.

Baca Juga

Namun Mirror tak ingin Liverpool fokus menyelesaikan kompetisi dengan mengejar catatan City. Liverpool justru disarankan memanfaatkan tujuh pertandingan sisa untuk memberikan kesempatan kepada pemain yang jarang mendapatkan waktu bermain. Liverpool juga diminta memainkan pemain muda untuk kepentingan masa depan.

“Setiap tim sukses yang pernah terlibat dengan saya selalu mengajukan pertanyaan, 'Apa selanjutnya?' Setelah kemenangan besar, dan juga, 'Bagaimana kita menjadi benar-benar hebat?,” tulis Mirror.

Liverpool harus menggunakan mencoba memainkan pemain muda dan mereka yang tak banyak mendapatkan menit bermain. Tujuannya agar Liverpool membangun dinasti menjuarai Liga Inggris sebagaimana yang dilakukan Sir Alex Ferguson bersama Manchester United.

Ferguson membangun dinasti gelar antara tahun 1992-1993 yaitu delapan gelar berhasil diraih Setan Merah. Pada tahun 2006-2007, MU memenangkan lima dari tujuh gelar yang diperebutkan sebelum akhirnya Ferguson pensiun.

Arsene Wenger bersama Arsenal juga melakukan yang sama antara 1997-1998 dan 2003-2004. Lalau Chelsea kemudian mendominasi di era Jose Mourinho lalu Pep Guardiola bersama Manchester City. Liverpool bersama Juergen Klopp dinilai memiliki peluang yang sama dengan pelatih yang disebutkan di atas.

Klopp diyakini mampu mendominasi gelar dalam beberapa tahun ke depan dan memenangkan hingga tiga gelar dalam lima musim ke depan. Kekuarangan Liverpool jika dibandingkan MU dan Chelsea adalah kurang memiliki kekuatan finansial.

Klopp harus terus melakukan evaluasi kepada pemain yang ada dan disarankan mengembangkan pemain muda berbakat. Sehingga skuat mereka memiliki kekuatan yang mendalam dalam jangka waktu panjang.

Naby Keita, Takumi Minamino dinilai belum sesuai harapan karena belum mendepatkan kesempatan bermain yang banyak. Tiga pemain muda Liverpool, Neco Williams, Curtis Jones dan Harvey Elliot dinilai mempunyai potensi menjadi bagian dari tim utama secara regular. Maka dari itu, tujuh pertandingan sisa akan sangat berharga bagi mereka untuk menunjukkan kemampuannya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA