Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Ada Apa di Balik Unggahan Singkat Khabib: Ayah..

Senin 29 Jun 2020 15:01 WIB

Red: Didi Purwadi

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

Foto: instagram khabib_nurmagomedov
Khabib Nurmagomedov mengunggah foto sang ayah di akun Instagram-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khabib Nurmagomedov, petarung Muslim MMA asal Rusia, membuat unggahan singkat lewat akun Instagram-nya. Meski unggahan tersebut relatif singkat, fan paham sehingga banyak yang mengirimkan doa untuk kesembuhan Abdulmanap Nurmagomedov. 

The Eagle, julukan Khabib Nurmagomedov, mengunggah foto dirinya dan Abdulmanap Nurmagomedov pada Senin (29/6). Dalam foto tersebut, Abdulmanap tampak keras menasihati Khabib yang tertunduk diam mendengarkan.

Khabib, pemegang sabuk juara dunia kelas ringan UFC, memberi keterangan fotonya dengan sangat singkat. Khabib hanya menulis Ayah....

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) pada

Meski keterangan unggahan tersebut singkat, fan paham Khabib sepertinya sedang meresahkan kondisi Abdulmanap yang sudah hampir dua bulan terbaring di rumah sakit. Abdulmanap terkena serangan jantung yang diduga dipicu oleh infeksi virus corona.

Dari sebanyak 3.297 komentar, sebagian besar menuliskan doa bagi kesembuhan ayah Khabib. "Semoga Allah memberikan kesehatan untuknya," kata pemilik akun @saypulaev_s. "Semoga Allah memberkatinya," kata akun @mummer_u.

"Semoga Allah memberikan kesembuhan," kata akun @russ_emercom. Pemilik akun @saida.k240792 menanyakan kabar Abdulmanap. "Apakah kondisi ayah baik-baik saja? Semoga beliau lekas sembuh sehingga bisa bersama kita lagi," katanya dalam bahasa Rusia.

Ada Apa Khabib?
Tidak biasanya Khabib menunggah soal Abdulmanap sejak sang ayah dilarikan ke rumah sakit dua bulan lalu. Pemegang sabuk juara dunia kelas ringan UFC ini tidak pernah bicara soal kondisi kesehatan Abdulmanap.

Namun, Senin ini Khabib mengunggah foto sang ayah. Dia pun hanya menulis singkat: Ayah.... Apakah kondisi Abdulmanap Nurmagomedov makin memburuk?

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Rusia pada pekan lalu, Khabib mengabarkan Abdulmanap masih dalam kondisi kritis. Ayah sekaligus pelatih Khabib berusia 57 tahun itu masih menjalani perawatan di ruang ICU.

Kabar baiknya adalah Abdulmanap sudah tidak lagi terinfeksi virus corona. "Virus coronanya sudah hilang. Virusnya tidak perlu dikhawatirkan lagi," kata Khabib kepada stasiun televisi Rusia Channel One, seperti dikutip RT.com, Selasa (23/6). "Namun, virusnya menimbulkan konsekuensi berat pada hati dan jantungnya."

Khabib mengaku dirinya tiap hari berada di samping tempat tidur ayahnya. The Eagle hanya bisa menatap ayahnya yang terbaring di tempat tidur rumah sakit.

"Saya selalu menjenguknya. Dia mengenali diriku. Namun, tidak ada komunikasi karena dia dipasangkan alat bantu medis," kata Khabib.

Pihak rumah sakit mengizinkan Khabib setiap hari menjenguk Abdulmanap. Selama setengah jam setiap hari, Khabib menghabiskan waktu menemani sang ayah.

"Setiap hari mereka mengizinkan saya masuk. Saya menghabiskan waktu setengah jam bersama ayah. Saya genggam tangannya," kata Khabib. "Ketika saya tanya, ’Ayah, apakah kau mengenali diriku?’ Dia menjawabnya dengan gerakan isyarat."

Abdulmanap menjalani perawatan di Rumah Sakit Militer Moskow. Khabib mengucapkan terima kasih kepada tim dokter yang telah berupaya maksimal dalam penyembuhan ayahnya. Menurut petarung Muslim MMA tersebut, mereka adalah dokter-dokter terbaik di dunia.

Khabib percaya ayahnya mendapatkan perawatan dan penanganan terbaik. Meski, petarung berusia 31 tahun ini sadar bahwa proses penyebuhan ayahnya akan memakan waktu sangat panjang dan sulit. "Ini akan memakan waktu lama karena kerusakan akibat virusnya sungguh sulit," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA