Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Baznas Gelar Pelatihan Kurban Online di Era Pandemi

Senin 29 Jun 2020 13:09 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Hiru Muhammad

BAZNAS lakukan simulasi pemotongan hewan kurban mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

BAZNAS lakukan simulasi pemotongan hewan kurban mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Foto: dok. BAZNAS
Baznas menjalankan programnya dengan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam situasi pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara pelatihan untuk mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS 2020. Pelatihan ini dianggap penting agar para mitra Baznas bisa melaksanakan pemotongan kurban sesuai dengan protokol Covid-19 dan tidak melanggar syariah.

Anggota BAZNAS, Nana Mintarti mengatakan, pelatihan tersebut spesial karena dilaksanakan secara virtual atau daring. Menurut dia, hal ini dilakukan karena BAZNAS berkomitmen untuk menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

"BAZNAS terus menjaga dalam setiap aktivitas programnya senantiasa mengutamakan keselamatan masyarakat, termasuk dalam proses tata laksana ibadah kurban,” ujar Nana dalam siaran persnya, Senin (29/6). 

Menurut Nana, dengan digelarnya pelatihan ini BAZNAS dapat melayani ibadah kurban bagi para pekurban yang sesuai dengan syariah, standar kesehatan dan kesejahteraan hewan, dan protokol pencegahan Covid-19 yang diatur pemerintah.“Semoga pelatihan ini membawa nilai manfaat lebih besar dan mampu memberi proses edukasi pelaksanaan kurban yang sesuai syariat islam, dan protokol kesehatan Covid-19 secara lebih luas,” katanya.

Kepala Program Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNAS, Ajat Sudarjat menjelaskan, pelatihan ini sebagai upaya dalam menyamakan persepsi dengan para mitra mengenai konsep pelaksanaan ibadah kurban 2020. Menurut dia, ada beberapa hal yang penting untuk ditekankan pada pelaksanaan kurban tahun 2020 karena digelar dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Karena beberapa mitra baru bergabung, perlu adanya pematangan teknis lebih lanjut terkait pelaksanaan kurban mulai dari penyepakatan akad, pembagian kuota ternak yang disalurkan, teknis pelaksanaan, dokumentasi sampai pelaporan kegiatan,” jelasnya.

Acara pelatihan untuk mitra pelaksana Kurban Online BAZNAS 2020 digelar selama dua hari, Senin (29/6) dan Selasa (30/6). Diharapkan usai pelatihan terjalin komunikasi yang lebih solid antara mitra pelaksana dan panitia pusat dalam upaya menyukseskan pelaksanaan kurban di Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Pelatihan daring ini diikuti oleh tim dari BAZNAS Pusat, 63 mitra pelaksana kurban dari 24 provinsi dan 51 Kabupaten/Kota, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten atau Kota, serta DKM Masjid dan masyarakat sekitar lokasi mitra pelaksana kurban.

Acara dibuka oleh Anggota BAZNAS, Nana Mintarti dan diisi beberapa pemateri, diantaranya Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS, Irfan Syauqi Beik, Ketua Panitia Kurban Online BAZNAS, Shady Arpenta, Serta Kepala Program Pemberdayaan Peternak Mustahik BAZNAS, Ajat Sudarjat. 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA