Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Penyebab Kulit Mata Kering dan Cara Mengatasinya

Senin 29 Jun 2020 02:45 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Nora Azizah

Kulit kering di area mata bisa terjadi pada siapa saja (Foto: ilustrasi mata)

Kulit kering di area mata bisa terjadi pada siapa saja (Foto: ilustrasi mata)

Foto: Readers Digest
Kulit kering di area mata bisa terjadi pada siapa saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulit kering di sekitar area mata bisa terjadi pada siapa saja. Jaringan yang halus dan tipis menjadi salah satu alasan mengapa kulit area mata menjadi kering, mudah gatal, mengelupas, bahkan iritasi.

Baca Juga

Kulit kering dan mengelupas di area mata bisa disebabkan beberapa hal, yaitu reaksi alergi atau dermatitis kontak atau kondisi kulit genetik. Di samping itu, hal tersebut bisa disebabkan cuaca kering, sengatan matahari, atau tanda-tanda penuaan.

Dokter kulit bersertifikat Loretta Ciraldo mengatakan, area mata sangat sensitif. Kulit area mata mudah bereaksi terhadap bahan-bahan yang dapat ditoleransi oleh kulit area lain, seperti pewangi, sulfat, bahkan nikel dalam bingkai kacamata atau tongkat maskara. 

"Dan jangan lupa tentang produk perawatan kulit yang sudah kedaluwarsa. Produk-produk itu berpotensi terkontaminasi bakteri dan menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang," kata Ciraldo seperti dilansir dari Mind Body Green, Ahad (28/6).

Dokter kulit bersertifikat Jeanine Downie menambahkan, menggosok mata dengan jari tangan juga dapat menyebabkan dermatitis, terutama jika Anda sering menggunakan cat kuku berbahan formaldehida, bahan yang keras dapat mengiritasi kulit halus setiap kali menyentuh mata Anda. Lalu, bagaimana cara merawat kulit kering area mata? Berikut tipnya!

 

Lindungi area mata dengan tabir surya

Area mata sering diabaikan dari penggunaan SPF, padahal itu adalah hal penting. Menurut Downie, kulit area mata lebih rentan terbakar sinar matahari.

"Paparan sinar matahari bisa membuat kulitmu lebih cepat keriput. Kerutan, seperti yang kita tahu, berjalan seiring dengan kulit yang kering," kata Downie.

photo
(Foto: ilustrasi mata) - (Pxfuel)

Gunakan produk kecantikan yang bebas pewangi

Aroma buatan adalah penyerang umum untuk kulit sensitif. Area mata yang halus dan tipis akan sangat sensitif jika terpapar wewangian berbahan kimia.

"Jangan gunakan apa pun yang wangi di sekitar jaringan mata halus Anda," kata Downie.

 

Cukupi kebutuhan ceramide kulit

Orang dengan kecenderungan kulit kering dan sensitif kronis, hanya memiliki kandungan ceramide yang sedikit. Itulah sebabnya Anda perlu memakai produk perawatan kulit yang dirancang untuk kulit kering dan sensitif yang mengandung ceramide.

 

Buang kosmetik lama

Jika suatu produk sudah lama dan berkerak, itu alasan bagus untuk membuang riasan mata Anda. Meskipun Anda mungkin mendengar trik dan kiat lama untuk memperpanjang masa simpan produk, itu mungkin lebih berbahaya. Ciraldo bahkan menyarankan batas menyimpan riasan mata baru hanya enam bulan.

 

Lembapkan area mata

Kulit kering sangat perlu kelembapan. Jika Anda memiliki kulit kering yang kronis, Anda perlu memakai pelembap atau krim mata untuk melembapkan dan menenangkan area tersebut, terutama pada malam hari.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA