Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Makna di Balik Pizza Margherita Khas Italia

Ahad 28 Jun 2020 23:15 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Pizza Margherita memiliki sejarah dan menjadi yang paling klasik dari Italia (Foto: ilustrasi pizza Margherita)

Pizza Margherita memiliki sejarah dan menjadi yang paling klasik dari Italia (Foto: ilustrasi pizza Margherita)

Foto: Pixabay
Warna dari Pizza Margherita ternyata memiliki makna tersendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika mendengar kata Italia, pasti kita akan teringat makanan khasnya yakni Pizza. Namun, ternyata jenis pizza pun beragam. Salah satu jenis yang sangat khas dan unik adalah pizza Margherita. 

Baca Juga

Pizza Margherita atau yang dikenal juga dengan nama Pizza Neapolitan ini merupakan sebuah pizza khas yang memiliki ciri khas unik. Pizza berbentuk bulat dengan roti yang tipis ini memiliki dominasi warna tiga warna pada makanannya, yaitu merah, hijau, dan putih. 

Saus tomat dan tomat menjadi dominasi warna merah pada pizza itu. Sementara, krim keju mozzarella menjadi dominasi warna putih, dan daun basil menjadi pengisi warna hijau pada pizza itu. 

“Jadi dominasi tiga warna itu melambangkan tiga warna yang menyusun pada bendera Italia, yaitu hijau, putih, dan merah. Ini adalah pizza kebanggaan Italia, dan ini dianggap sebagai pizza klasik,” jelas pemandu wisata Idfi Pancani, dalam webinar yang digelar Instituto Italiano di Cultura (IIC) Jakarta, pertengahan Juni lalu. 

Idfi lalu menceritakan asal mula nama Margherita yang menjadi nama pizza ini. Pada abad 19, sekitar tahun 1890-an, Ratu Margherita dari Savoy mendatangi Napoli. Di sana, terdapat seorang chef pembuat pizza. 

Menurut laman Hufftinpost, nama chef itu adalah Raffaele Esposito dari Pizzeria Brandi. Oleh karena Sang Ratu bosan dengan makanan Perancis yang disuguhkan kepadanya saat perjalanan ke Napoli, di meminta chef untuk membuatkannya pizza.

"Raffaele kemudian membuatkannya pizza dan mengatakan bahwa dia menghadiahkan pizza ini kepada Sang Ratu, yang dibuat dengan bahan dasar sederhana, yaitu tomat, mozzarella, dan daun basil," kata Idfi. 

Tiga bahan itu pun merepresentasikan warna bendera Italia. Sang Koki lalu memberikan nama Margherita kepada pizza buatannya itu.

Sampai sekarang, kata Idfi, pizza Margherita masih menjadi favorit banyak orang Italia. Banyak orang di luar Italia pun menyukai pizza klasik khas Italia ini. Bagaimana dengan Anda? Sudah pernah mencobanya?

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA