Ahad 28 Jun 2020 15:44 WIB

Akhir Tahun Kereta Prameks Bakal Diganti KRL

Kereta Prameks jurusan Solo-Yogyakarta akan diganti KRL pada Oktober 2020.

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM - PT KAI menyiapkan moda kereta api (KA) pengganti prameks. Kereta api listrik (KRL) pengganti Prameks ini ditargetkan akan beroperasi Oktober 2020. Dengan relasi Solo-Yogyakarta, secara bertahap KRL akan menggantikan operasional Prameks secara keseluruhan. Kesiapan moda tersebut dipantau Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (26/6/2020) lalu.

Menhub melakukan peninjauan di Stasiun Delanggu Klaten, Stasiun Solobalapan dan Terminal Tirtonadi. "Solo-Yogya memiliki moda transportasi penghubung antar kota terbaik. Dan itu bisa dijadikan contoh oleh daerah lain," urainya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menambahkan, kesiapan pengoperasian KRL Solo-Yogyakarta telah dicek. Sesuai rencana KRL akan dioperasikan pada Oktober tahun ini. "Kita operasikan secara bertahap dengan relasi Yogyakarta-Klaten terlebih dulu. Baru akhir tahun atau Desember beropesi sampai Solo," paparnya.

Zulfikri menambahkan, potensi penumpang KA Prameks relasi Solo-Yogyakarta semakin tinggi dan sangat layak untuk digantikan dengan KRL dengam tujuan efisiensi. "Sistem pengoperasiannya sama dengan KRL di Jabodetabek. Gerbong KRL masih diprodukasi PT INKA. Sedangkan untuk tarif KRL sama dengan KA Prameks. KRL menggantikan Prameks karena lebih efisien, ramah lingkungan dan memiliki kapasitas lebih banyak," tukasnya. Prihatsari

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement