Ahad 28 Jun 2020 11:25 WIB

Pelindo I Salurkan Rp 2,4 Miliar bagi Kemitraan UMKM

Pelindo 1 secara rutin dan berkesinambungan akan terus membantu UMKM

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan edukasi tentang pelabuhan dan dunia maritim kepada anak-anak yang ada di pinggiran Sungai Deli, Kelurahan Hamdan, Medan Maimun pada Selasa (16/6/2020). Selain edukasi pelabuhan, Pelindo 1 juga memberikan edukasi tentang  pedoman New Normal/tatanan normal baru dan protokol kesehatan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini.
Foto: dok. Pelindo 1
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan edukasi tentang pelabuhan dan dunia maritim kepada anak-anak yang ada di pinggiran Sungai Deli, Kelurahan Hamdan, Medan Maimun pada Selasa (16/6/2020). Selain edukasi pelabuhan, Pelindo 1 juga memberikan edukasi tentang pedoman New Normal/tatanan normal baru dan protokol kesehatan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I (Persero) masih terus mengalokasikan anggaran untuk program kemitraan bagi UMKM binaan. VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami mengatakan realisasi anggaran yang disalurkan pada 2019 senilai Rp 17,1 miliar sementara pada tahun ini hingga Mei 2020 sudah terealisasi sebesar Rp 2,4 miliar. “Para mitra binaan ini berasal dari berbagai sektor seperti sektor perdagangan, jasa, industri, pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan,” kata Fiona dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (27/6). 

Fional memastikan Pelindo secara rutin dan berkesinambungan terus menyalurkan dana program kemitraan dan pembinaan bagi UMKM. Selama masa Pandemi Covid-19, dia menuturkan Pelindo 1 juga tetap bekerja sama dengan mitra binaan di seluruh cabang wilayah Pelindo I untuk menyediakan kebutuhan program bantuan sosial seperti menyediakan masker, handsanitizer, Alat Pelindung Diri (APD), dan sembako serta kebutuhan lainnya yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19.

Fiona memastikan penyaluran dana tetap digulirkan  dan Pelindo I juga secara aktif  membantu  memperkuat kompetensi pelaku UMKM dengan memberikan pelatihan-pelatihan online kewirausahaan. “Juga pelatihn branding secara online dan juga bagaimana bisa memasarkan produknya baik offline maupun online dengan maksimal terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkap Fiona. 

Dia menambahkan, program Kemitraan dan pembinaan UMKM yang dilakukan Pelindo I telah dimulai sejak 1991 hingga saat ini. Fiona mengatakan Pelindo I memiliki 1.323 mitra binaan yang tersebar di seluruh wilayah kerja di empat provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau. 

“Program tersebut berupa pemberian bantuan pinjaman permodalan kepada setiap UMKM yang dinilai layak, dan program pembinaan berupa pelatihan kepada UMKM,” jelas Fional. 

Fiona mengatakan Pelindo I juga mengoptimalkan  kompetensi bidang usaha ditekuni setiap UMKM binaan. Program tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan Pelindo 1 untuk mewujudkan kemandirian ekonomi di tengah-tengah kemitramasyarakat.

Menurutnya, starat yang ditetapkan bagi para pelaku UMKM harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal enam bulan, surat kuasa agunan atau jaminan. Begitu juga Surat Izin Usaha atau keterangan lurah, fotokopi KTP dan KK, foto tempat usaha, dan denah lokasi usaha. “Selanjutnya tim dari Pelindo I akan melakukan evaluasi terhadap pengajuan proposal dan melakukan survey ke lokasi usaha calon mitra,” tutur Fiona. 

VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo I Fatimah Zuhra mengatakan permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan senilai maksimal Rp 200 juta, dengan jangka waktu pinjaman paling lama tiga tahun. “Para mitra binaan ini di berikan masa tenggang selama tiga bulan pertama sejak pinjaman diberikan, kemudian bulan keempat baru mulai membayar cicilan,” jelas Fatimah. 

Bagi pelaku UMKM yang berminat mengikuti program kemitraan Pelindo I dapat menghubungi Kantor Cabang Pelindo I yang terdekat dengan lokasi usaha masing-masing. Alamat cabang Pelindo 1 dapat dilihat melalui laman resmi www.pelindo1.co.id. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement