Ahad 28 Jun 2020 09:32 WIB

Studi Sebut Virus Corona Bisa Beri Efek Jangka Panjang

Virus Corona disebut bisa pengaruhi organ-organ tubuh lainnya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Para ilmuwan baru mulai memahami berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru ini. Beberapa di antaranya mungkin memiliki efek yang melekat pada pasien dan sistem kesehatan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Selain masalah pernapasan yang membuat pasien terengah-engah, virus itu juga menyebabkan Covid-19 menyerang banyak sistem organ. Dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan kerusakan parah.

Baca Juga

"Kami pikir ini hanya virus pernapasan. Ternyata, itu berpengaruh ke pankreas. Itu terjadi setelah hati. Itu terjadi setelah hati, otak, ginjal dan organ-organ lainnya. Kami tidak memahami itu pada awalnya," kata ahli jantung dan direktur Scripps Research Translational Institute di La Jolla, California, Dr Eric Topol.

Di samping gangguan pernapasan, pasien dengan Covid-19 dapat mengalami gangguan pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke dan peradangan ekstrem yang menyerang berbagai sistem organ. Virus ini juga dapat menyebabkan komplikasi neurologis yang berkisar dari sakit kepala, pusing, dan kehilangan rasa atau bau hingga kejang dan kebingungan.

Dengan influenza, Khan menyatakan, orang dengan kondisi jantung yang mendasarinya juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi.  Kahn percaya akan ada pengeluaran besar untuk perawatan kesehatan dan beban bagi individu yang selamat dari Covid-19.

Pemulihan juga bisa lambat, tidak sempurna, serta mahal, dengan dampak besar pada kualitas hidup. Pasien yang berada di unit perawatan intensif atau pada ventilator selama berminggu-minggu perlu menghabiskan waktu yang lama di rehabilitasi untuk mendapatkan kembali mobilitas dan kekuatan.

"Ini bisa memakan waktu hingga tujuh hari untuk setiap hari Anda dirawat di rumah sakit untuk memulihkan kekuatan seperti itu. Semakin sulit usia Anda, dan Anda mungkin tidak akan pernah kembali ke tingkat fungsi yang sama," kata Kahn.

Wakil direktur penyakit menular di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Jay Butler, menyatakan, studi baru perlu dilakukan untuk memahami efek jangka panjang dari infeksi. "Kami mendengar laporan anekdotal tentang orang-orang yang kelelahan, nafas pendek. Berapa lama itu akan berlangsung sulit dikatakan," kata Butler.

Dr Helen Salisbury dari University of Oxford menulis dalam British Medical Journal, menyatakan,  gejala virus Corona biasanya sembuh dalam dua atau tiga minggu. Diperkirakan satu dari 10 mengalami gejala yang berkepanjangan.

Banyak pasiennya memiliki rontgen dada normal dan tidak ada tanda-tanda peradangan, tetapi mereka masih belum kembali normal. "Jika sebelumnya Anda berlari berkilometer tiga kali seminggu dan sekarang merasa terengah-engah setelah satu tangga, atau jika Anda batuk tanpa henti dan terlalu lelah untuk kembali bekerja, maka ketakutan bahwa Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkan kembali kesehatan Anda sebelumnya adalah sangat nyata," ujar Salisbury.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement