Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

UMM Siapkan Prodi Baru D4 Bidang Ritel dan Bisnis Daring

Ahad 28 Jun 2020 08:22 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih

ecommerce

ecommerce

Prodi baru bidang ritel dan bisnis daring akan fokus pada usaha digital.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan UMM segera membuka program studi baru. Program tersebut antara lain diploma empat ritel dan bisnis daring yang akan difokuskan pada usaha digital.

Direktur Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan UMM, Tulus Winarsunu, mengatakan, ide pembukaan prodi baru tidak lepas dengan kondisi saat ini. Revolusi industri telah memberikan tantangan baru di bidang ketenagakerjaan sehingga harus diantisipasi oleh banyak pihak. Fenomena ini didukung dengan industri e-commerce Indonesia yang dalam 10 tahun terakhir meningkat hingga 17 persen.

Menurut Tulus, kurikulum Prodi Retail dan Bisnis Daring dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri yang meliputi pengetahuan dan keterampilan. Kemudian mahasiswa mampu melaksanakan fungsi manajemen dan teknik pemasaran digital. "(Dan bisa) membangun karier di industri retail dan bisnis digital," kata Tulus dalam pesan resmi yang diterima Republika.co.id.

Sebelumnya, Direktorat Pendidikan Vokasi dan Pelatihan, UMM juga menyatakan akan membuka vokasi manajemen perhotelan dan pariwisata. Mahasiswa yang masuk di dua prodi baru UMM akan mendapatkan keterampilan terkait pariwisata dan perhotelan. Kemudian mengikuti magang di beberapa perusahaan BUMN, baik dalam sisi wisata maupun perhotelan.

Menurut Tulus, kurikulum telah dirancang khusus untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. "Dan dilengkapi dengan berbagai macam pelatihan dalam bidang pariwisata dan perhotelan,” kata Tulus.

Tulus menegaskan keberadaan dua prodi terbarunya tidak lepas dari kondisi Indonesia. Indonesia memiliki kekayaan wisata alam yang sangat potensial sehingga bisnis pariwisata dan perhotelan akan sangat menjanjikan di masa mendatang. Ditambah lagi, saat ini pemerintah tengah mengembangkan destinasi wisata di berbagai daerah yang akan mendorong meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia di berbagai bidang pariwisata dan perhotelan.
 
Pembukaan prodi manajemen perhotelan dan pariwisata UMM menyusul jelang didirikannya prodi vokasi lainnya. Prodi-prodi yang dimaksud antara lain Prodi Asian Halal Culinary, Prodi Baking and Pastry dan Prodi Nutrasetikal. Sekolah keahlian ini akan dibangunkan gedung seluas 12,5 hektare di wilayah Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA