Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Robben Main Lagi, Bela Groningen Musim Depan

Ahad 28 Jun 2020 07:54 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Arjen Robben memutuskan kembali bermain memperkuat FC Groningen setelah mengumumkan gantung sepatu pada Juli 2019.

Arjen Robben memutuskan kembali bermain memperkuat FC Groningen setelah mengumumkan gantung sepatu pada Juli 2019.

Foto: EPA/Sven Hoppe
Robben sebelumnya mengumumkan gantung sepatu pada Juli 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, GRONINGEN -- Mantan winger Bayern Munchen Arjen Robben memutuskan kembali ke lapangan hijau kurang lebih setahun setelah mengumumkan gantung sepatu pada Juli 2019. Winger berusia 36 tahun itu rencananya akan kembali memperkuat klub profesional pertamanya, Groningen, musim depan. 

"Setelah 18 tahun, saya akhirnya kembali ke rumah, ke Groningen. Saya sempat mempertimbangkan untuk kembali ke lapangan hijau dan merumput bersama Groningen, dan kini saya telah memutuskan. Saya akan kembali sebagai pesepak bola dan memperkuat Groningen pada musim depan," kata Robben dalam keterangan resmi yang dirilis Groningen, seperti dilansir Eurosports, Ahad (28/6).

Mantan winger timnas Belanda itu mengungkapkan, dalam beberapa pekan terakhir, dirinya sempat menjalin komnunikasi intensif dengan pihak klub terkait kemungkinan bisa membantu performa tim berjuluk The Green White Army tersebut. Terlebih, Robben mengaku masih menjadi pendukung setia Groningen. 

"Selain itu, yang lebih terpenting saya juga sempat melakukan pembicaraan dengan para fan. Mereka menyarankan kepada saya untuk mengikuti kata hati saya dan akhirnya saya telah memutuskan," ujar pemain yang juga pernah membela Chelsea dan Real Madrid.

Saat Eredivisie musim ini dinyatakan rampung akibat pandemi Covid-19, Groningen bertengger di peringkat kesembilan dari 19 tim. Groningen hanya mampu mengumpulkan 35 poin dari 26 laga. Robben berniat membantu tim, yang tengah dihantam krisis keuangan akibat pandemi Covid-19.

Kendati begitu, Robben tidak bisa menjanjikan performa seperti saat tengah berada dalam kondisi terbaiknya. Pasalnya, Robben sudah tidak muda lagi dan telah menginjak usia 36 tahun. 

"Namun, saya bisa pastikan, saya masih memiliki motivasi dan keinginan yang tinggi. Mungkin tantangan terbesar ada di aspek fisik, tapi saya akan bekerja keras dan pada saat yang tepat saya akan bergabung bersama tim utama pada musim depan. Saya harap, kita bisa segera bertemu lagi," tutur Robben.

Robben membuat debut sebagai pesepak bola profesional bersama Groningen pada 2000 silam, tepatnya saat dia berusia 16 tahun. Tampil selama dua musim, Robben mencetak 12 gol dari 52 laga di semua ajang bersama Groningen. Akhirnya, pada awal musim 2002/2003, Robben hijrah ke PSV Eindhoven. Dari PSV, Robben pun memulai petualanganya di sejumlah klub besar Eropa. Mulai dari memperkuat Chelsea, Real Madrid, dan terakhir Bayern Munchen.

Di klub terakhirnya, Robben berhasil mempersembahkan delapan titel Bundesliga, lima trofi DFP Pokal, dan satu titel Liga Champions. Setelah 10 musim memperkuat Muenchen, Robben memutuskan pensiun pada Juli 2019, dan akhirnya kembali musim depan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA