Sabtu 27 Jun 2020 18:10 WIB

Eks Gelandang Madrid Dipecat Almeria

Sebagai pelatih, Guti dinilai gagal menyelamatkan Almeria dari ancaman degradasi.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Guti Hernandez.
Foto: EPA/JOSE COELHO
Guti Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, ALMERIA- José María Gutiérrez Hernández  atau akrab disapa Guti dikabarkan baru saja dipecat sebagai pelatih klub Divisi 2 Liga Spanyol Almeria. Guti diberhentikan dari pekerjaannya setelah Almeriensistas mengalami kekalahan dari Alcorcon  1-0 di kandang sendiri di Estadio Mediterraneo.

"Guti telah dipecat sebagai pelatih Almeria," begitu laporan dari Marca, Sabtu (27/6).

Baca Juga

Bekas gelandang Real Madrid tersebut gagal mengangkat Almeria mendapatkan tiket promosi ke La Liga Spanyol musim depan.

Kans Almeria kini untuk promosi ke La Liga harus melewati babak play off.

Almeria kini ada peringkat tiga dengan nilai 56 daru 35 pertandingan.

Almeria tertinggal 5 angka dari peringkat dua Real Zaragoza yang berhasil mengamankan tiket promosi otomatis ke La Liga musim depan.

Guti melatih Almeria sejak pertengahan musim 2019-2020.

Bekas kapten Madrid tersebut memimpin Jose Corpas dan kawan-kawan di 22 pertandingan. Hasilnya, Guti hanya memberikan sembilan kemenangan, lima imbang dan delapan kali kalah.

Sejak Divisi 2 La Liga dimulai usai lockdown, Almeria di bawah Guti hanya mengambil enam poin dari empat laga. Hasil tersebut membuat Almeria kalah peringkat dari Zaragoza.

Marca mendapatkan informasi pemilik Almeria yakni taipan Turki Al Sheikh akan mencari pelatih pengganti yang dapat membawa Almeria promosi kembali ke La Liga Spanyol. Melatih Almeria menjadi pengalaman pertama bagi Guti sebagai manajer tim.

Sebelumnya, Guti sempat menjadi asisten pelatih di klub lamanya Besiktas pada musim 2018-2019. Kemudian sejak 2013-2018, Guti juga menjadi pelatih tim muda Real Madrid.

Awal karier Guti sebagai pelatih tidak secemerlang sepak terjangnya sewaktu menjadi pemain. Guti merupakan produk asli akademi Real Madrid Castilla.

Guti mulai membela tim senior El Real pada tahun 1995. Ia mengabdi selama 15 tahun buat Madrid. Guti setia berkostum Los Blancos sampai 2010 sebelum akhirnya hengkang ke klub Turki Besiktas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement