Sabtu 27 Jun 2020 11:03 WIB

Tiktok akan Berhenti Akses Clipboard di Perangkat Ios

Tiktok dikritik karena masalah keamanan masa lalu pada Februari 2019.

Tiktok akan Berhenti Akses Clipboard di Perangkat Ios
Foto: www.tiktok.com
Tiktok akan Berhenti Akses Clipboard di Perangkat Ios

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiktok mengatakan akan berhenti mengakses konten clipboard pengguna di perangkat Ios. Keputusan ini diungkapkan setelah fitur transparansi privasi baru di Ios 14 dihentikan.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Sabtu (27/6), setiap aplikasi pihak ketiga mengakses clipboard perangkat dengan Ios 14, pemberitahuan akan muncul. Pengguna menemukan Tiktok memeriksa konten dari clipboard setiap beberapa kali penekanan tombol, bahkan ketika aplikasi sedang berjalan di latar belakang.

Baca Juga

Seorang juru bicara Tiktok mengatakan dalam sebuah pernyataan email pada The Verge,  bahwa mereka telah mengirimkan pembaruan ke App Store untuk menghapus fitur tersebut. Fitur tersebut digambarkan sebagai antispam. Menurut perusahaan, fitur itu tidak pernah diperkenalkan ke perangkat Android.

“Setelah rilis beta Ios 14 pada 22 Juni, pengguna melihat pemberitahuan saat menggunakan sejumlah aplikasi populer. Untuk Tiktok, ini dipicu oleh fitur yang dirancang untuk mengidentifikasi perilaku berulang yang bersifat spam,” kata juru bicara itu, seraya menambahkan perusahaan berkomitmen untuk melindungi privasi pengguna dan bersikap transparan tentang cara kerja aplikasi.

Tiktok dikritik karena masalah keamanan masa lalu pada Februari 2019. Perusahaan membayar 5,7 juta dolar Amerika Serikat (AS) pada Komisi Perdagangan Federal atas dugaan pelanggaran COPPA, undang-undang privasi anak-anak.

Waktu itu, Tiktok sudah memungkinkan anak di bawah 13 tahun mendaftar aplikasi tanpa persetujuan orang tua. Sejak itu membuat perubahan pada aplikasi, yakni meningkatkan pengawasan orang tua.

Beberapa lembaga pemerintah AS, termasuk Administrasi Keamanan Transportasi, Departemen Luar Negeri, Departemen Keamanan Dalam Negeri, Angkatan Laut dan Angkatan Darat telah melarang penggunaan aplikasi. Ada kekhawatiran keamanan atas koneksi perusahaan induk Tiktok, ByteDance ke China.

Sebelumnya, ByteDance mengatakan awal tahun ini berencana berhenti mengakses clipboard perangkat. Menurut laporan The Telegraph, perusahaan tidak memberikan tanggal yang pasti.

https://www.theverge.com/2020/6/26/21304228/tiktok-security-ios-clipboard-access-ios14-beta-feature

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement