Sabtu 27 Jun 2020 09:41 WIB

Polisi Israel Tembak Mati Pemuda Palestina

Pemuda Palestina ditembak mati di hari pernikahan saudarinya.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Polisi Israel Tembak Mati Pemuda Palestina
Foto: Mohamad Torokman/Reuters
Polisi Israel Tembak Mati Pemuda Palestina

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Polisi Israel menembak mati seorang pria Palestina. Polisi beralasan pemuda ini mencoba menabrakkan mobilnya ke arah seorang perwira di pos pemeriksaan militer di Tepi Barat pada Selasa (23/6).

Dilansir di Khaleej Times, Jumat (26/6) seorang pejabat Palestina mempertanyakan kepada polisi tentang kematian Ahmad Erekat. Mereka mengatakan dia bergegas ke Betlehem untuk menjemput anggota keluarga dari salon rambut pada hari pernikahan saudara perempuannya.

Baca Juga

Juru bicara kepolisian Israel Micky Rosenfeld mengatakan Erekat yang berusia 27 tahun itu melukai seorang perwira ketika ia mengendarai kendaraannya ke arah sebuah penghalang di sebuah pos pemeriksaan dekat kota Abu Dis, sebelah timur Yerusalem. Perwira tersebut mengalami luka ringan.

"(Dia) keluar dari mobil dan mendekati petugas yang merespons dengan menembak dia dan dia meninggal di tempat kejadian," Rosenfeld menambahkan.

 

Sekretaris Jenderal Organisasi Pembebasan Palestina Saeb Erekat mengatakan pria yang terbunuh itu adalah kerabatnya, dan bahwa pernikahannya akan dilakukan pekan depan. "Pemuda ini terbunuh dengan darah dingin. Apa yang dikatakan tentara pendudukan (militer Israel), bahwa ia berusaha untuk menabrak seseorang, adalah dusta," kata dia.

Video menunjukkan tentara Israel menempatkan selembar plastik di atas pria itu, yang terbaring tanpa baju di tanah di sebelah kendaraannya. Sebelumnya, ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir dengan kabinet Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang dijadwalkan pada 1 Juli untuk mulai membahas pencaplokan Tepi Barat, wilayah yang direbut Israel dalam perang 1967 dan Palestina mencari negara. Palestina dengan keras menentang rencana aneksasi, seperti halnya sebagian besar kekuatan dunia.

https://www.khaleejtimes.com/region/mena/palestinian-officials-nephew-shot-dead-by-israeli-police-on-his-sisters-wedding-day

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement