Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Khabib Nurmagomedov: Tradisi Keluarga dan Poligami

Sabtu 27 Jun 2020 00:12 WIB

Red: Didi Purwadi

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

Abdulmanap memasangkan sarung tinju pada anaknya Khabib Nurmagomedov.

Foto: instagram khabib_nurmagomedov
Ajaran dan tradisi keluarga Khabib membolehkan lelaki menikah lebih dari satu kali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khabib Nurmagomedov, petarung Muslim MMA asal Rusia, menikah dengan teman semasa kecilnya, Patimat, pada tahun 2013. Dalam tradisi keluarganya dan ajaran Islam, seseorang lelaki boleh menikahi wanita lebih dari satu. Akankah Khabib menikah lagi demi tradisi poligami keluarga?

Pernikahan Khabib-Patimat digelar secara Islami sekitar tujuh tahun lalu. ‘’Patimat mengenakan kerudung gelap, sehingga tidak ada yang benar-benar bisa melihat wajah pengantin perempuan,’’ sebut laporan Russia Beyond

Khabib selama ini dikenal sebagai sosok Muslim yang taat. Dan, menurut tradisi Islam, wajah seorang istri hanya boleh ditunjukkan di dalam rumah di hadapan suami atau kerabatnya. 

‘’Seorang suami memberi tahu istrinya untuk berhijab dan dia melakukannya. Kecantikannya seharusnya hanya milik suaminya,’’ kata Abdulmanap Nurmagomedov, ayah Khabib, dalam suatu wawancara dengan media olahraga Rusia Sport Express pada akhir 2019. ‘’Ini bukan sesuatu yang perlu diperdebatkan sekarang ini. Semuanya sudah ditetapkan 400 tahun lalu.’’

Abdulmanap, ayah sekaligus pelatih Khabib, sedang terbaring di rumah sakit sejak terkena serangan jantung pada awal Mei 2020.

Patimat juga dikenal sebagai muslimah yang taat. Patimat, menurut laporan Mash berjudul Love Stroy of Khabib Nurmagomedov and His Wife Patimat, menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah. Dia tidak memiliki akun media sosial dan tidak ada foto dirinya di internet yang bisa dikonfirmasi. 

Tradisi dan Poligami
Masih dalam wawancara yang sama dengan Sport Express, Abdulmanap bercerita tentang poligami yang sudah menjadi tradisi dalam keluarga besarnya. Setiap lelaki di lingkungan keluarganya, kata Abdulmanap, selalu memiliki istri kedua dan ketiga setelah mereka berusia 50 tahun.

Tapi, menurut Abdulmanap, Khabib (31) masih memiliki satu orang istri yakni Patimat. Usia Khabib masih terlalu muda untuk menikah lagi yang kedua atau ketiga kalinya.

“Tidak seusiamu, masih terlalu dini. Jaga terlebih dahulu keluarga pertamamu,’’ kata Abdulmanap saat itu dalam laporan panjang wawancara Sport Express berjudul ''Incredible interview of father Habib - about polygamy, Eto'o and McGregor''

Namun, Abdulmanap secara prinsip tidak akan melarang Khabib memiliki keluarga kedua atau ketiga. ‘’Jika Yang Mahakuasa mengizinkannya, mengapa saya harus keberatan?” katanya beralasan.

Dan jika Khabib akhirnya memutuskan untuk menikah lagi, Abdulmanap mengatakan anaknya pasti akan memberitahunya. Seperti dikutip dari rbth.com, poligami dilarang dalam hukum Rusia dan tidak terdaftar secara resmi. Pernikahan poligami di Rusia hanya sah secara agama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA