Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Ke Tanah Suci, Mike Tyson Mampir Lihat Merpati

Sabtu 27 Jun 2020 05:25 WIB

Red: Didi Purwadi

Mike Tyson

Mike Tyson

Foto: EPA/Tannen Maury
Mike Tyson sangat menggilai burung merpati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mike Tyson sangat menggilai burung merpati. Banyak kisah dirinya tentang merpati, termasuk kisah Tyson yang mampir melihat merpati ketika menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci.

Iron Mike memang sangat menyukai burung merpati. Ia selama bertahun-tahun mengunjungi Republik Suriname hanya untuk belajar tentang kontes kicau burung tradisional. Seperti dilansir CBS New York, Tyson pun melatih burung-burungnya balapan merpati. Dia memberi nama masing-masing merpatinya dengan nama-nama yang penuh semangat kompetisi. 

Ada juga cerita ketika merpati kesayangan Tyson, Julius, mati. Tyson sangat terpukul dengan kepergian Julius. Namun kesedihannya langsung berubah menjadi kemarahan ketika Tyson melihat petugas sampah membuang jasad Julius ke truk sampah.

Tyson saat itu meletakkan Julius di beranda. Sebelum sempat memberikan penghormatan, tukang sampah datang dan membuang Julius ke dalam truk sampah.

‘’Aku langsung mengejarnya dan menangkapnya, menghajarnya dengan pukulan tangan kanan titanic,’’ kata Tyson kepada TalkSport. ‘’Dia kedinginan, kejang-kejang di lantai.’’

Tyson Umrah
Tyson juga pernah menyambangi penangkaran merpati saat menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci, Arab Saudi, pada Juli 2010. Tyson pergi ke Tanah Suci atas sponsor dari Asosiasi Dakwah Kanada (Canadian Dawa Association).

Selain ke Madinah, seperti dikutip Saudi Gazette, Tyson juga mengunjungi Masjidil Haram di Makkah dan beberapa kota lainnya di Saudi. Salah satunya mengunjungi Riyadh untuk melihat penangkaran burung merpati.

Selain itu, Tyson pernah memutuskan pacarnya karena merpati. Dalam acara Boomer & Carton, Tyson menceritakan kisah seorang pacar yang mengatakan kepadanya:"Saya tidak tahu mengapa kamu melepaskan burung-burung sialan itu. Kamu harus memakannya." 

Sang pacar akhirnya memasak merpati untuk menu makan malam. Tyson tidak menyentuh sedikit pun. ‘’Itu sebabnya dia bukan lagi wanitaku," kata Tyson. 

Berkelahi Demi Merpati
Kecintaannya pada merpati sampai-sampai ada film dokumenter Animal Planet, Taking on Tyson, yang fokus pada balapan merpati. Dalam film dokumenter tersebut, Tyson mengaku suka merpati sejak kecil.

‘’Hal pertama yang saya sukai dalam hidup saya adalah seekor merpati," kata Tyson di Taking on Tyson, seperti dikutip Reuters. "Merpati adalah bagian hidupku. Ini adalah hal konstan dengan kewarasananku dengan cara aneh. Ini yang aku lakukan."

Tyson mengakui aneh jika ada seorang petinju yang memiliki hobi memelihara burung merpati. Tapi, menurut Insider, Tyson kecil pertama kali berkelahi karena justru membela merpati. Tyson menghajar seorang pengganggu yang menganiaya salah satu merpati peliharaannya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA