Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Wednesday, 15 Zulhijjah 1441 / 05 August 2020

Ekonomi Syariah Bakal Jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Jumat 26 Jun 2020 18:20 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Ekonomi syariah (ilustrasi)

Ekonomi syariah (ilustrasi)

Foto: Islamitijara.com
BUMN juga harus memperkuat penelitian keilmuan ekonomi syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia siap memfasilitasi pendidikan ekonomi syariah di tingkat sekolah. Sekretarsi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Paristiyanti Nurwardani menyampaikan potensi murid di Indonesia sangat potensial untuk membantu pengembangan ekonomi syariah.

"Kami siap bekerja sama untuk menciptakan generasi yang unggul dan pemimpin masa depan, termasuk di sektor ekonomi syariah," katanya dalam Webinar Pentingnya Pendidikan Syariah Sejak Dini, Jumat (26/6).

Saat ini jumlah murid di Indonesia dari jenjang PAUD hingga perguruan tinggi mencapai 68,7 juta orang dengan jumlah sekolah sebanyak 307.655 sekolah. Paristiyanti menyampaikan kebijakan ekonomi eyariah melalui pendidikan harus dipastikan berjalan dan ditangani langsung oleh Wakil Presiden RI yang merupakan Ketua Harian KNEKS.

Otoritas harus punya standar monitoring dan evaluasi terhadap 734 program study yang ada apakah itu programnya sudah dikerjakan. Kemendikbud menawarkan juga kerja sama Pentahelix dibantu Bank BUMN untuk Literasi Ekonomi Syariah dan Penguatan Prodi Ekonomi Syariah.

Selain itu juga perlunya pendampingan peningkatan mutu prodi ekonomi syariah. Sesuai mandat dari Menteri Pendidikan, program pendidikan perlu mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka untuk akselerasi kualitas program studi rumpun ekonomi syariah dan sebagai literasi ekonomi syariah di masyarakat.

"Tanpa penelitian yang spesifik mungkin kita akan sulit mengejar Malaysia," katanya.

BUMN juga harus memperkuat penelitian keilmuan ekonomi syariah. Ia menyampaikan budaya ekonomi syariah perlu digalakkan sejak PAUD, SD, SLTP, SLTP, SLTA, PT secara terintegrasi. Dengan demikian, masyakakat indonesia bisa menjadi peradaban basis ekonomi syariah.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA