Jumat 26 Jun 2020 18:16 WIB

Cek Kesiapan AKB, Emil Jumat-an di Masjid Atta'awun Puncak

Sebanyak 90 persen jamaah Masjid Atta'awun adalah musafir.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jabar yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil melaksanakan shalat Jumat di Masjid Atta'awun, Puncak, Kecamatan Cisarua, dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Bogor, Jumat (26/6). Kunjungan tersebut, sekaligus dilakukan untuk mengecek kesiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Memasuki Masjid Atta'awun, Ridwan Kamil, mematuhi protokol kesehatan yakni selalu memakai masker dan dicek suhu tubuh. Sebelum memasuki waktu shalat Jumat, Ridwan Kamil berkeliling Masjid Atta'awun untuk mengecek protokol di tempat wudhu, rute keluar-masuk, hingga kebersihan masjid. Masjid Atta'awun sendiri saat itu ramai dikunjungi oleh warga.

"Saya datang ke sini karena ini masjid yang musafirnya, orang datangnya, sebanyak 90 persen dibanding mukimin (warga lokal). Jadi kita tidak tahu sejarah (bepergian) orang yang shalat yang datang ke sini," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Oleh karena itu, kata dia, agar tidak terjadi apa-apa, pakai masker nomor satu, wajib, harus ditegakkan. "Termasuk anak kecilnya, karena anak kecil dan lanjut usia justru paling rawan (tertular Covid-19)," katanya.

Emil pun sempat mengajak salah seorang pengunjung, yakni anak laki-laki, untuk memakai masker. "Adik, dipakai maskernya, ya," katanya.

Secara keseluruhan, Emil menilai, bahwa DKM Masjid Atta'awun sudah menerapkan protokol kesehatan AKB di tempat ibadah dalam hal ini masjid. "Protokol kesehatan saya kira sudah dilakukan, tinggal warganya saya diimbau untuk mematuhi," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement