Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Musik Religi Hadrah Ramaikan Jalan Bersejarah Kairo

Jumat 26 Jun 2020 11:30 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Pertunjukan musik hadrah manandai pencabutan pembatasan sosial di Kairo. Ilustrasi kota tua Kairo.

Pertunjukan musik hadrah manandai pencabutan pembatasan sosial di Kairo. Ilustrasi kota tua Kairo.

Pertunjukan musik hadrah manandai pencabutan pembatasan sosial di Kairo.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO – Pertunjukan musik hadrah menjadi acara pertama yang akan digelar di Jalan bersejarah El Muizz, Kairo setelah Pemerintah Mesir mengumumkan pencabutan pembatasan sosial dan penguncian di masa pandemi Covid-19.   

 

Baca Juga

Seperti dilansir Ahram Online pada Jumat (26/6) Pertunjukan musik hadrah itu akan dibawakan kelompok musik El Hadra Troupe yang didirikan Nour Nageh, seorang penganut sufi yang ingin mengenalkan musik sufi kepada masyarakat luas.  

 

Acara itu akan digelar pada Sabtu (27/6) pukul 17.00 hingga 20.00 waktu setempat. Pementasan musik hadrah itu terbuka untuk umum. Acara ini juga untuk mendorong kegiatan budaya kembali eksis setelah ditangguhkan karena pandemi Covid-19 sejak Maret lalu.   

 

Namun demikian untuk menikmati pertunjukan ini, pengunjung harus melakukan pemesanan tiket masuk sebelumnya.

 

Karena hanya sebagian pengunjung saja yang diizinkan. Pengunjung juga diminta untuk mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid-19.  

 

El Hadra Troupe menjadi kelompok musik yang dikenal luas karena membawakan musik dengan zikir. Sehingga menyuguhkan pengalaman spiritual yang otentik. 

 

Hadrah sendiri berasal dari kara Arab yakni hadir yang artinya kehadiran. Biasanya pelantun sufi membuat lingkaran dan membaca Alquran serta memuji Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. 

 

Jalan El Muizz sendiri merupakan salah satu jalan tertua di Kairo. Jalanan itu dibangun Khalifah Fatimiyah keempat yakni Al Muiz Lidinillah. Jalana ini menjadi saksi sejarah bersama bangunan dan monumen abad pertengahan yang berjejer di kedua sisinya. 

 

Jalanan itu berada dekat dua gerbang bersejarah Bab Fotouh dan Bab Nasr di El Darb El Asfar yakni kawasan paling tua di ibu kota Kairo. 

 

 

 

Sumber: http://english.ahram.org.eg/NewsContent/5/33/372967/Arts--Culture/Music/Art-Alert-Cairos-historic-ElMuizz-Street-to-featur.aspx 

 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA