Jumat 26 Jun 2020 05:03 WIB

Klopp: Gelar Juara Liga Inggris untuk Suporter Liverpool

Juergen Klopp mengatakan, gelar juara Liga Inggris untuk seluruh suporter Liverpool.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan
Juergen Klopp
Foto: trendswide
Juergen Klopp

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengatakan, gelar juara Liga Inggris musim 2019/ 2020 dipersembahkan untuk seluruh pendukung the Reds di seluruh dunia. Klopp juga mengaku sempat pasrah jika sisa kompetisi musim ini tidak dilanjutkan karena pandemi Covid-19.

"Ada perasaan selama tiga bulan karantina bahwa tidak ada yang akan tahu apakah musim ini akan berlanjut. (Gelar) ini untuk seluruh  suporter. Saya harap mereka merayakannya," kata Klopp seperti dilansir Sky Sports, Jumat (26/6). 

Baca Juga

"Gelar ini ada di pikiran dan hati kita semua. Kita meraihnya bersma-sama dan ini adalah kebahagian untuk suporter," ujarnya.

Selama wawancara dengan Sky Sports, dengan suara lirih Klopp mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya, termasuk legenda Liverpool, Kenny Dalglish.

Kebahagiaan juga ditunjukkan oleh pemain Liverpool, Alex-Oxlade Chamberlain. Melalui akun Instagram-nya, ia bersorak ketika Chelsea berhasil menang 2-1 atas Manchester City sekaligus memastikan timnya juara. 

Liverpool resmi menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2019/20 karena jarak poin yang tidak akan terkejar oleh Manchester City. The Reds pun menyandingkan titel dengan serangkai rekor yang mereka pecahkan. 

Liverpool menjadi tim yang tercepat memastikan diri sebagai juara di Liga Primer Inggris karena masih menyasikan tujuh pertandingan. Rekor sebelumnya dimiliki oleh Manchester United pada musim 2000/01 dan Manchester City pada 2017/18 dengan sisa lima pertandingan. 

The Reds juga menjadi jawara dengan margin poin terjauh. Hingga pekan ke-31, marginnya sebesar 23 poin. Mereka mengantongi 86 poin, sementara City yang berada di peringkat dua memiliki 63 poin. Rekor sebelumnya dipegang City dengan margin 19 poin pada musim 2017/18. 

Mereka juga sempat mencapai jarak terjauh dengan penghuni posisi dua klasemen (25 poin) beberapa waktu lalu. Belum pernah ada tim yang memiliki catatan seperti Liverpool ini.

Liverpool menggoreskan kemenangan terbanyak di kandang berturut-urut (21 kali) saat mengalahkan West Ham United dengan skor 3-2, Februari lalu. Rekor itu lagi-lagi memecahkan milik City dengan 20 kemenangan. 

Klopp menjadi juru taktik asal Jerman pertama yang menjuarai Liga Primer Inggris. Tercatat ada tiga orang Jerman yang pernah dan masih melatih klub Inggris, yaitu Daniel Farke (Norwich City), Jan Siewert, dan David Wagner (Huddersfield Town). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement