Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Saturday, 25 Zulhijjah 1441 / 15 August 2020

Eduversal Gelar Program Pelatihan Daring untuk Guru

Kamis 25 Jun 2020 14:48 WIB

Red: Fernan Rahadi

Pendidikan/Ilustrasi

Pendidikan/Ilustrasi

DTP merupakan program rutin untuk para guru yang diadakan rutin enam bulan sekali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemajuan kualitas pendidikan tidak pernah terlepas dari kualitas tenaga pendidiknya. Untuk membentuk pola pikir siswa yang baik, seorang pendidik selayaknya tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran di kelas, melainkan harus bisa menjelaskan tujuan dari pembelajaran dalam proses mengajarnya. Seorang guru hendaknya terus meningkatkan kemampuan dan metode mengajarnya secara berkala sehingga sesuai dengan kondisi lingkungan siswanya.

Dampak pandemi Covid-19 terhadap kegiatan belajar mengajar di Indonesia memberikan tantangan tersendiri untuk para guru. Pemerintah menetapkan pembelajaran akan terus dilakukan secara daring hingga akhir tahun 2020 ini. 

Metode pembelajaran di kelas tentunya tidak akan bisa diterapkan secara maksimal dalam pembelajaran secara daring. Diperlukan metode baru yang lebih cocok sehingga pembelajaran secara daring dapat berlangsung dengan maksimal. Menghadapi hal tersebut, Eduversal sebagai lembaga yang berfokus pada pendidikan selalu berupaya meningkatkan metode dan kualitas guru khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Eduversal, di bawah divisi pendidikannya, Educamp, mengadakan program pelatihan daring untuk para guru yang disebut Development of Teaching Proficiency (DTP). DTP merupakan program rutin Eduversal untuk para guru yang diadakan secara rutin setiap enam bulan sekali. 

Khusus pada masa pandemi ini DTP dilaksanakan secara daring dengan nama Development of Teaching Proficiency 2020 - Webinar Series.

"Program ini akan diadakan enam hari dari 29 Juni hingga 4 Juli 2020. Di akhir setiap sesi, akan ada sertifikat untuk setiap pesertanya. Program ini terbuka untuk semua guru baik dari Indonesia maupun dari luar negeri," kata Pelaksana Komite Development of Teaching Proficiency (DTP), Ade Kiki Ruswadi, dalam siaran persnya, Kamis (25/6).

Peserta DTP 2020 Webinar Series akan belajar di antaranya tentang topik-topik seperti classroom assessment, ways to increase critical thinking, retaining online learners, sparking student’s creativity, differentiated instructions, dan online learning time management. "Semua topik-topik di atas akan disampaikan dalam bahasa Inggris oleh narasumber yang berpengalaman," kata Ade menambahkan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA