Kamis 25 Jun 2020 14:51 WIB

Novel The Winds of Winter Belum Juga Rampung

George RR Martin tidak menjanjikan novel The Winds of Winter bisa dirilis segera.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Foto dari serial Game of Thrones yang ditayangkan HBO. Ketika serial itu sudah masuk musim terakhir, penulis George RR Martin sempat berjanji akan menyelesaikan novel The Winds of Winter pada 2020.
Foto: dok HBO
Foto dari serial Game of Thrones yang ditayangkan HBO. Ketika serial itu sudah masuk musim terakhir, penulis George RR Martin sempat berjanji akan menyelesaikan novel The Winds of Winter pada 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar Game of Thrones tampaknya harus kembali menunggu untuk bisa membaca novel The Winds of Winter. Melalui blognya, penulis George RR Martin memberikan isyarat bahwa buku keenam dari serial novel Song of Ice and Fire tersebut baru akan dirilis tahun depan.

Sebelumnya, Martin pernah berjanji akan segera menyelesaikan novel ini pada 2020. Dia bahkan memberikan izin kepada para penggemar untuk memenjarakannya di dalam kabin kecil di White Island bila tak berhasil menyelesaikan The Winds of Winter pada Juli 2020.

Baca Juga

Martin sudah beberapa kali tak menepati janjinya terkait perilisan novel The Winds of Winter. Sebelumnya, Martin berjanji akan menyelesaikan The Winds of Winter pada 2016. Namun setelah itu, dia berjanji akan menyelesaikan novel tersebut pada 2017.

Di 2019, ketika serial Game of Thrones memasuki musim terakhir, Martin juga berjanji untuk merilis The Winds of Winter pada 2020. Sekarang di 2020, Martin berharap novel tersebut bisa rilis pada 2021.

 

Terlepas dari penundaan ini, Martin mengaku telah membuat banyak kemajuan. Dia menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan The Winds of Winter setiap harinya.

"Saya menyelesaikan satu bab baru kermarin, satu bab lainnya tiga hari lalu, satu bab lainnya lagi pekan lalu," tulis Martin melalui laman resminya georgerrmartin.com.

Meski membuat cukup banyak kemajuan, Martin tidak menjanjikan novel ini bisa segera terbit. Alasannya, novel ini akan menjadi buku yang besar dan masih harus melalui perjalanan panjang. Martin juga meminta para penggemar untuk tidak mudah percaya pada pemberitaan click-bait yang memelintir perkataannya.

"Saya tentu berharap bisa mengerjakannya lebih cepat," tukas Martin.

Buku pertama dari serial novel A Song of Ice and Fire rilis pada 1996 dengan judul A Game of Thrones. Hingga saat ini, sudah ada lima buku dari total tujuh buku yang akan dirilis untuk serial novel ini.

Novel karya Martin ini juga telah diadaptasi menjadi serial televisi populer oleh HBO Game of Thrones. Penayangan serial televisi ini telah selesai pada season kedelapan yang ditayangkan pada 2019 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement