Kamis 25 Jun 2020 14:05 WIB

AS Diprediksi Catat 150 Ribu Kematian Karena Covid-19

CDC AS perkirakan kematian akibat Covid-19 bisa menyentuh 150 ribu jiwa

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Dokter dan perawat mengelilingi pasien yang terpapar Covid-19 di Roseland Community Hospital, Chicago, Amerika Serikat. CDC AS perkirakan kematian akibat Covid-19 bisa menyentuh 150 ribu jiwa. Ilustrasi.
Foto: Ashlee Rezin Garcia/Chicago Sun-Times via AP
Dokter dan perawat mengelilingi pasien yang terpapar Covid-19 di Roseland Community Hospital, Chicago, Amerika Serikat. CDC AS perkirakan kematian akibat Covid-19 bisa menyentuh 150 ribu jiwa. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) memprediksi jumlah kematian akibat Covid-19 di seluruh negara bagian AS. AS diprediksi dapat mencatat hingga 150 ribu kematian akibat virus pada pertengahan Juli.

Penyebaran virus terus meningkat di lebih dari setengah negara bagian di AS setelah lockdown atau karantina wilayah mengalami pelonggaran. Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan lonjakan jumlah kasus yang telah melampaui lebih dari dua juta di seluruh negeri.

Baca Juga

CDC mengatakan pihaknya menerima 20 perkiraan nasional individu yang menunjukkan kemungkinan akan ada antara 130 ribu dan 150 ribu total Covid-19 yang dilaporkan meninggal pada 18 Juli. Menurut perkiraan ansambel, jumlah kematian baru selama empat pekan ke depan di Arizona, Arkansas, Kalifornia, Florida, Hawaii, Missouri, Nevada, Carolina Utara, Oklahoma, Carolina Selatan, Tennessee, Texas, dan Utah yang kemungkinan akan melebihi jumlah yang dilaporkan selama empat pekan terakhir.

"Untuk negara bagian lain, jumlah kematian baru diperkirakan sama dengan jumlah yang terlihat dalam empat pekan sebelumnya atau sedikit menurun," kata CDC dikutip laman Anadolu Agency, Kamis.

Sejauh ini, tujuh negara bagian yakni New York, Kalifornia, New Jersey, Illinois, Texas, Massachusetts, dan Florida memiliki lebih dari 100 ribu kasus. Arizona, Florida, dan Texas terus mengalami peningkatan pada kasus Covid-19.

Pada Maret, Gedung Putih memproyeksikan bahwa penyakit itu dapat membunuh hingga 240 ribu jiwa. Hingga Rabu (24/6) malam, AS memiliki lebih dari 2,3 juta infeksi dan hampir 122 ribu kematian, menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins.

https://www.aa.com.tr/en/americas/us-could-see-150-000-coronavirus-deaths-by-july-18-cdc/1889058

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement