Kamis 25 Jun 2020 12:39 WIB

Ilmuwan dan Musisi Berkolaborasi Suara Bintang dan Musik

Ilmuwan dan musisi menciptakan kolaborasi musik dan suara bintang di Festival Starmus

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi).
Foto: www.kaheel7.com
Alam semesta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  LA PALMA -- Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengungkapkan bahwa alam semesta tidak diam. Bintang-bintang menghasilkan gelombang akustik infrasonik yang dapat direkam, meskipun telinga manusia tidak dapat melihatnya.

Infrasonik ini dihitung oleh ahli astrofisika Garik Israelian pada tahun 2005. Perpustakaan akustik yang unik ini mengilhami Israelian dan Brian May, ahli astrofisika dan gitaris legendaris Queen, untuk menciptakan sebuah festival untuk menyatukan bintang-bintang dan musik, sehingga lahirlah Starmus.

Baca Juga

Dilansir di Retro Futurista, Kamis (25/6), Festival Starmus pertama (2011) menampilkan astronot Apollo Neil Armstrong, Buzz Aldrin, Jim Lovell, William Anders dan Charlie Duke bersama dengan Alexei Leonov, manusia pertama yang berjalan di ruang angkasa.

Brian May bergabung dengan Tangerine Dream untuk merayakan ulang tahun ke 50 dari penerbangan luar angkasa pertama Yuri Gagarin.

Starmus dengan cepat memperoleh popularitas, dan lebih banyak orang untuk bergabung dengan festival termasuk Profesor Stephen Hawking dan Peter Gabriel yang menjadi anggota Dewan Penasihat Starmus.

Starmus juga telah menetapkan penghargaan bergengsi untuk komunikasi sains, Medali Stephen Hawking, diberikan kepada Elon Musk, Neil deGrasse Tyson, Brian Eno, Hans Zimmer, Jean-Michel Jarre dan dokumenter Apollo 11.

Banyak proyek seni dan sains terinspirasi oleh Starmus. Dengan demikian, pada tahun 2016 pemenang Hadiah Nobel Kip Thorne dan pemenang Oscar® Hans Zimmer dan Paul Franklin menciptakan konser "The Warped Side of the Universe", disusun ulang dan diperluas pada tahun 2019 dengan judul Once Upon a Time on the Moon dengan tambahan partisipasi Brian May, Rick Wakeman dan Steve Vai untuk merayakan peringatan 50 tahun pendaratan Apollo 11.

Hari ini Starmus mengumumkan hasil proyek seni-sains lain yang melibatkan Dr Israel, Brian Eno, Paul Franklin, Oliver James dan DNEG, proyek "Starsounds".

Ini didasarkan pada ceramah Dr. Israel "Alam Semesta Akustik Kami" yang diterbitkan dalam buku "50 Years of Man in Space". Brian Eno mengatur gelombang akustik dari perpustakaan Dr. Israel ke dalam komposisi baru dengan mempercepatnya sehingga gelombang tersebut dapat didengar.

Kemudian Paul Franklin dan Oliver James dari DNEG, studio efek visual pemenang Oscar yang terkemuka di dunia, menciptakan gambar berdasarkan bentuk gelombang bintang dan gambar Matahari kita.

"Starsounds", karya harmoni yang kompleks dan visual memukau, telah tersedia di internet untuk pertama kalinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement