Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Sunday, 14 Zulqaidah 1441 / 05 July 2020

Sejarah Hari Ini: King of Pop Michael Jackson Tutup Usia

Kamis 25 Jun 2020 11:35 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

Pada 25 Juni 2009 Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun. Ilustrasi.

Pada 25 Juni 2009 Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun. Ilustrasi.

Foto: .
Pada 25 Juni 2009 Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES - Pada 25 Juni 2009, penyanyi dunia yang dijuluki Raja Pop, Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun di kediamannya di Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat (AS). Dia menderita serangan jantung yang disebabkan oleh kombinasi fatal dari obat yang diberikan kepadanya oleh dokter pribadinya.

Dilansir History, perjalanan karir Micheal Jackson dimulai sejak kecil hingga masa remaja. Dia merilis album solo pertamanya, Got to Be There pada tahun 1972, sambil terus bernyanyi bersama saudara-saudaranya. Enam tahun kemudian, pada 1978 ia membuat debut layar lebar sebagai Scarecrow di The Wiz. 

Baca Juga

The Wiz adalah sebuah adaptasi dari musikal Broadway dengan nama yang sama. Disutradarai oleh Quincy Jones, film ini dibintangi oleh para pemain serba hitam yang memasukkan penyanyi Diana Ross sebagai Dorothy.

Jones berkolaborasi dengan Jackson dalam album 1979-nya, Off the Wall, yang terjual sekitar tujuh juta kopi di seluruh dunia. Keduanya bekerja sama lagi untuk album 1982 yang sekarang menjadi ikon Jackson, Thriller, yang kemudian terjual 50 juta kopi di seluruh dunia. Album itu menjadikannya album studio terlaris sepanjang masa.

Pada 1983, Jackson menciptakan sensasi besar pada acara khusus peringatan TV Motown ketika ia melakukan langkah tarian Moonwalk yang menjadi ciri khasnya, beserta sepatu fedora hitam dan satu sarung tangan putih tunggal yang ditutupi dengan rhinestones.

Album solo Jackson berikutnya, Bad, dimulai debutnya pada 1987. Album itu terjual delapan juta kopi dan menampilkan video musik dari sutradara film terkenal Martin Scorsese. 

Pada 1990-an, kehidupan Jackson adalah makanan tabloid yang hampir konstan. Pada 1993, ia dituduh menganiaya seorang bocah lelaki berusia 13 tahun yang pernah menjadi tamu yang menginap di rumahnya. Jackson membantah tuduhan itu dan penyelidikan pidana dibatalkan. Namun, dia kemudian menyelesaikan gugatan perdata dengan keluarga bocah lelaki itu.

Pada 2003, Jackson dituduh lagi menganiaya anak laki-laki lain. Setelah pengadilan yang dipublikasikan pada tahun 2005, ia dibebaskan dari semua tuduhan. 

Selama beberapa tahun, Jackson juga menghadapi pengawasan media yang intens atas penampilan fisiknya yang berubah secara radikal. Kulitnya berubah menjadi semakin terang dan beberapa operasi plastik.

Meskipun Jackson sendiri hampir menutup mulut tentang topik itu, sumber-sumber media menuduh bahwa Jackson mengembangkan obsesi dengan operasi kosmetik. Namun sebagian karena kecelakaan yang dideritanya pada Januari 1984 ketika syuting iklan Pepsi. 

Selama pembuatan film, kecelakaan yang diakibatkan oleh kembang api membuat rambut sang raja pop terbakar. Ia menderita luka bakar di kepala dan wajahnya yang membutuhkan operasi rekonstruksi. Setelah operasi, Jackson dilaporkan menderita kecanduan obat penghilang rasa sakit.

Jackson juga menjadi berita utama dengan pernikahan singkatnya (1994-1994) dengan Lisa Marie Presley, putri penyanyi Elvis Presley. Dari 1996 hingga 1999, ia menikah dengan Debbie Rowe, mantan asisten dokter kulit dan ibu dari dua dari tiga anaknya. Anak bungsu Jackson, seorang anak laki-laki, dilaporkan lahir melalui ibu pengganti.

Setelah kematiannya, pada 7 Juli 2009 lebih dari 20 ribu penggemar menghadiri peringatan publik untuk Jackson di Staples Center di Los Angeles. Lebih dari 30 juta pemirsa menonton acara tersebut di TV kabel sementara jutaan lainnya melihatnya secara daring.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA