Kamis 25 Jun 2020 10:30 WIB

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT Ternyata Simpel Saja

Amalan yang disukai Allah SWT bukan tergantung kuantitas saja.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Amalan yang disukai Allah SWT bukan tergantung kuantitas saja. Ilustrasi ibadah
Foto: Antara//Adeng Bustomi
Amalan yang disukai Allah SWT bukan tergantung kuantitas saja. Ilustrasi ibadah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sesungguhnya amalan yang dicintai Allah SWT yakni amalan yang dilakukan secara kontinyu atau terus menerus meskipun sedikit. 

Dikutip dari buku Istiqamah Konsekuen dan Konsisten Menetapi Jalan Ketaatan karya Ustaz Yazid, Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

…يَاأَيُّهَا النَّاسُ، خُذُوْا مِنَ الْأَعْمَالِ مَاتُطِيْقُوْنَ، فَإِنَّ اللهَ لَايَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوْا، وَإِنَّ أَحَبَّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ مَادَامَ وَإِنْ قَلَّ 

"Wahai sekalian manusia. Kerjakanlah amalan-amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Sesungguhnya Allah tidak bosan sampai kalian bosan. Dan sungguh, amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit." (HRBukhari dan Muslim).  

Rasulullah SAW juga bersabda: 

سَدِّدُوْا وَقَارِبُوْا، وَاعْلَمُوْا أَنْ لَنْ يُدْخِلَ أَحَدَكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَأَنَّ أَحَبَّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

"Tetaplah dalam kebenaran dan bersikaplah yang lurus. Ketahuilah, bahwasanya amalan seseorang tidak dapat memasukkannya ke dalam surga. Dan bahwasanya amalan yang paling dicintai oleh Allah yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit." (HR Bukhar dan Muslim) 

Dalam redaksi lain, Rasulullah juga bersabda: أحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى الله أَدْوَمُهَا وَ إِنْقَلَّ

"Amalan yang paling dicintai Allah SWT yaitu yang dikerjakan secara terus-menerus walaupun sedikit,"  hadits riwayat Ahmad dan Muslim. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement