Rabu 24 Jun 2020 15:35 WIB

Ilmuwan Buat Katalog 700 Benda untuk Diamati di Alam Semesta

Katalog ini bertujuan untuk mengjangkau penelitian alam semesta.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi).
Foto: www.kaheel7.com
Alam semesta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Breakthrough Listen,  proyek yang bertujuan untuk menemukan tanda-tanda kehidupan cerdas di alam semesta merilis sebuah katalog inovatif berjudul Exotica pada Selasa (23/6). Berbagai daftar objek yang menarik bagi para astronom untuk mencari tanda-tanda, sesuai yang dikembangkan oleh kecerdasan luar angkasa ini.

Dilansir Phys, katalog ini adalah kumpulan lebih dari 700 target berbeda yang bertujuan memasukkan objek yang diamati di alam semesta, mulai dari komet, galaksi, hingga fenomena langit yang paling langka. Ini adalah katalog komprehensif pertama dalam beberapa waktu terakhir yang bertujuan menjangkau seluruh luas fenomena astrofisika dari galaksi yang jauh ke Tata Surya.

Baca Juga

Tim dari Breakthrough Listen mengembangkan secara konseptual, menyusun dan membagikannya kepada komunitas astronomi dengan harapan dapat memandu survei di masa depan. Ini sekaligus mempelajari kehidupan di luar Bumi, sekaligus astrofisika alam, yang berfungsi sebagai panduan referensi umum di bidang tersebut.

"Banyak penemuan dalam astronomi yang tidak direncanakan. Terkadang sebuah penemuan baru bisa terlewatkan saat tidak ada yang mencari di tempat yang tepat, karena mereka percaya tak ada yang dapat ditemukan di sana," ujar pemimpin penulis katalog, Brian Lacki.

Lacki mengatakan itu terjadi dengan planet di luar tata surya (exoplanet) yang mungkin telah terdeteksi sebelum 1990-an, jika para astronom mencari tata surya yang sangat berbeda. Karena itu, Exotica tidak akan terbatas dalam pencarian, di mana diharapkan bahwa setiap program dengan kemampuan baru dapat menggunakan katalog ini sebagai dasar penelitian lebih lanjut di sekitar alam semesta.

Katalog Exotica berisi empat kategori objek, yaitu :

1. Prototipe, daftar yang mengandung setidaknya satu contoh dari setiap jenis benda langit yang diketahui. Ini terlepas dari yang menyajikan target pengamatan realistis. Planet dan bulan, bintang di setiap titik siklus hidupnya, galaksi besar dan kecil, gugusan bintang yang tenang dan quasar yang menyala-nyala, dan banyak lainnya termasuk dalam daftar.

2. Superlatif, objek dengan sifat paling ekstrim. Ini termasuk contoh-contoh seperti planet terpanas, bintang-bintang dengan kandungan logam yang luar biasa tinggi atau rendah, quasar paling jauh dan pulsar yang berputar paling cepat, dan galaksi terpadat.

3. Anomali, target misterius yang perilakunya saat ini tidak dijelaskan secara memuaskan. Sebagai contoh, Tabby's Star yang terkenal dengan perilakunya yang aneh, kemudian Oumuamua, objek antarbintang yang lewat di dekat Bumi pada 2017, pulsa optik yang tidak dapat dijelaskan yang hanya bertahan dalam hitungan nanodetik dan bintang-bintang dengan radiasi infra merah berlebih yang dapat dijelaskan sebagai limbah panas dari megastruktur asing.

Sampel kontrol sumber tidak diharapkan untuk menghasilkan hasil positif. Katalog yang menyertai adalah diskusi ekstensif tentang klasifikasi objek dan sistem klasifikasi baru untuk anomali, serta rencana untuk pengamatan mendatang dan potensial berdasarkan proyek ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement