Kamis 25 Jun 2020 05:40 WIB

Beberapa Tempat Ikonik Jakarta

Kota Jakarta menyimpan banyak sejarah yang bersemayam dalam tempat-tempat ikonik

Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta
Foto: Wahyu Putro/Antara
Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kota Jakarta menyimpan banyak sejarah yang bersemayam dalam tempat-tempat ikonik yang tersebar di berbagai penjuru. Kunjungi beberapa tempat ikonik di ibu kota untuk mengenal lebih jauh kota yang tahun ini berusia 493 tahun. Berikut ini beberapa tempat ikonik yang disambangi dalam tur virtual "Landmark Ikonik Jakarta" bersama Atourin, Rabu (24/6).

1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Sebelum dinamakan Jakarta, kota ini bernama Sunda Kelapa karena berada di bawah kekuasaan kerajaan Sunda serta ditumbuhi banyak pohon kelapa. Nama Sunda Kelapa diganti menjadi Jayakarta setelah Fatahillah merebut kekuasaan.

Selma Isnaini, pemandu dari Wisata Kreatif Jakarta, menyarankan wisatawan untuk datang ke pelabuhan Sunda Kelapa sebelum petang agar tidak bentrok dengan proses loading barang ke kapal. Selain bagus untuk tempat berfoto, wisatawan bisa mencoba menaiki kapal besar melewati jembatan bambu di pelabuhan. Banyak juga nelayan di kapal kecil yang menawarkan jasa mengantarkan turis ke kapal besar.

2. Menara Syahbandar

Menara yang jadi bagian Museum Bahari ini dulu berfungsi sebagai menara pantau utama yang mengontrol keluar masuknya kapal. Nama Syahbandar diambil dari istilah profesi pengawas menara.

"Menaranya agak miring, kadang disebut menara miring," ujar dia.

Kemiringan menara yang dibangun pada 1839 ini disebabkan usia getaran dari kendaraan berat yang melewati jalan di sampingnya.

"Setiap tiga tahun sekali, miring 0,3 derajat," imbuh dia.

Dulu, orang-orang masih bisa naik hingga ke puncak menara. Namun Selma menuturkan tahun lalu bagian atasnya ditutup karena menara semakin miring. Menara Syahbandar dulu merupakan tempat titik 0 KM Jakarta sebelum dipindahkan ke Monas.

3. Museum Bahari

Museum ini dulunya dipakai oleh Belanda sebagai gudang rempah-rempah, sumber penyebab di balik alasan penjajah memperebutkan Indonesia yang memiliki banyak rempah-rempah berharga.

Museum ini menyimpan koleksi miniatur kapal serta sejarah Indonesia pada masa pendudukan Belanda. Mengingat museum ini dulu berfungsi sebagai gudang rempah, bangunannya dilengkapi dengan banyak jendela agar sirkulasi udara lancar.

4. Kota Tua

Museum Sejarah Jakarta alias Museum Fatahillah adalah bangunan mencolok yang ada di Kota Tua. Bangunan yang dulu berfungsi sebagai balai kota Batavia ini menyimpan koleksi perjalanan sejarah Jakarta. Gedung ini memiliki penjara bawah tanah yang pernah ditempati oleh Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Dien sebelum mereka diasingkan ke kota lain.

Lapangan di depan Museum Fatahillah jadi tempat berkumpul sekaligus tempat mempertontonkan proses eksekusi tahanan. Ketika eksekusi berlangsung, semua orang di sana mau tidak mau harus menjadi saksi mata.

"Ada tiga kali bunyi lonceng. Bunyi pertama, orang yang mau dieksekusi dikeluarkan dari penjara. Bunyi lonceng kedua, petinggi Belanda hadir di lantai dua dan vonis dibacakan. Bunyi lonceng ketiga, proses eksekusi."

Selma menambahkan, dulu tahanan bisa memilih sendiri proses eksekusinya, antara dipenggal atau digantung. Kebanyakan memilih untuk dipenggal, kata dia.

"Pedang untuk memenggal sampai sekarang masih disimpan di dalam museum," ujar dia.

5. Gedung Chandra Naya

Sekilas, hanya terlihat hotel Novotel Gajah Mada di sini, tapi bila Anda lebih seksama, sebetulnya ada gedung bersejarah bernama Chandra Naya. Cagar Budaya ini merupakan rumah milik kapiten China terkaya pada masanya. Candra Naya yang pernah didiami keluarga Khouw van Tamboen bisa dimasuki secara gratis, namun pengunjung tak boleh membawa kamera profesional untuk berfoto.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement